Beberapa Tanda Kalau Tubuh Sudah Lelah
ilustrasi

Beberapa Tanda Kalau Tubuh Sudah Lelah

Rabu, 12 Jun 2019 | 06:59 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Setelah menjalani libur Lebaran, banyak orang yang langsung melakukan aktivitas sehari-hari seperti bekerja. Meski liburan cukup menyenangkan untuk dilakukan, hal ini sebenarnya cukup menguras energi. Masalahnya adalah jika kita tidak mendapatkan waktu istirahat yang cukup, bisa jadi tubuh akan mengalami kelelahan.

Beberapa tanda tubuh harus segera beristirahat

Banyak orang yang mengaku mengalami kesulitan untuk kembali melakukan aktivitas dengan normal setelah liburan. Hal ini sebenarnya menandakan bahwa tubuh membutuhkan waktu istirahat.

Berikut adalah beberapa tanda bahwa tubuh sudah kelelahan.

1. Masih mengalami nyeri otot

Nyeri otot biasanya muncul setelah melakukan olahraga atau melakukan aktivitas yang berat. Hanya saja, jika kita mengalami kelelahan setelah melakukan liburan atau hal-hal lainnya, bisa jadi hal ini menandakan bahwa tubuh sudah perlu diistirahatkan.

Biasanya, nyeri otot hanya akan berlangsung selama dua hari dan akan mereda dengan sendirinya, namun jika sensasi nyeri ini masih terus muncul setelah dua hari, sebaiknya kita mengistirahatkan tubuh. Jika perlu, kita bisa memberikan obat oles yang bisa mengatasi masalah nyeri otot atau mendapatkan pijatan demi meredakannya.

2. Mudah lelah dan mengalami gangguan suasana hati

Kelelahan juga mempengaruhi suasana hati kita. Tubuh seperti kurang bugar dan membuat kita lebih mudah murung, kurang bisa berpikir positif, dan mudah terpancing emosinya. Bahkan, bisa jadi kita menjadi lebih mudah marah, mudah menangis, dan menjadi lebih pesimis. Jika hal ini mulai kita rasakan, sebaiknya memang kita segera beristirahat.

3. Gangguan denyut jantung

Tanda lain yang menunjukkan bahwa tubuh kita kelelahan dan harus segera diistirahatkan adalah denyut jantung yang tidak normal. Jika denyut jantung kurang dari atau lebih dari 60-100 kali setiap menit, maka hal ini menandakan ada sesuatu yang salah pada tubuh.

Masalahnya adalah jika hal ini dibiarkan, bisa jadi akan menyebabkan kondisi seperti bradycardia dan tachycardia yang terkait dengan gangguan kardiovaskular yang serius. Jika denyut jantung bahkan berlangsung terlalu cepat, sebaiknya kita segera memeriksakan kondisi ini ke dokter demi mendapatkan penanganan yang tepat.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...