Beberapa Tanda-tanda Awal Kolesterol Tinggi
ilustrasi

Beberapa Tanda-tanda Awal Kolesterol Tinggi

Kamis, 14 Okt 2021 | 12:00 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Kolesterol tinggi biasanya tidak menyebabkan gejala yang nyata, tetapi mendeteksi tanda-tanda awal ini dapat mencegah komplikasi kesehatan yang serius. Seperti halnya penyakit jantung dan stroke .

Menurut NHS, kolesterol tinggi adalah ketika Anda memiliki terlalu banyak zat lemak dalam darah. Kondisi ini disebabkan kombinasi faktor gaya hidup, terutama makan terlalu banyak makanan berlemak, tidak cukup berolahraga, merokok dan minum alkohol.

Tingkat kolesterol yang lebih tinggi dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung dan stroke, karena pembuluh darah tersumbat.

"Orang sering berbicara tentang tekanan darah sebagai pembunuh diam-diam, tetapi kolesterol juga bisa," kata Ahli jantung sekaligus ketua pengobatan pencegahan di Universitas Northwestern, Donal Lloyd-Jones.

Berikut adalah tiga tanda awal kolesterol tinggi yang harus diwaspadai seperti dilansir dari Express, Rabu (13/10/2021).

1. Kondisi Kesehatan Kronis

"Ada beberapa kondisi yang dapat meningkatkan kolesterol sebagai semacam efek samping," jelas Lloyd-Jones.

Dia menjelaskan bahwa kolesterol dapat meningkat secara tidak terduga pada orang dengan penyakit ginjal, karena kondisi ginjal menyebabkan kehilangan protein dalam urinnya, yang coba diganti oleh tubuh dengan menciptakan kolesterol jahat.

Kelainan tiroid dan diabetes dapat mempengaruhi metabolisme kolesterol, yang mengarah ke tingkat yang berpotensi lebih tinggi dari normal. Kondisi peradangan kronis seperti lupus, rheumatoid arthritis, dan psoriasis dapat meningkatkan risiko seseorang terkena serangan jantung dan stroke.

2. Masalah Pernapasan

Dokter Eugene Yang selaku ketua dewan pimpinan American College of Cardiology’s Prevention of Cardiovascular Disease mengungkapkan bahwa nyeri dada dan sesak napas merupakan peringatan potensial dari penyumbatan arteri karena kadar kolesterol tinggi.

Jika arteri koroner yang memasok darah ke jantung terpengaruh, Anda akan mengalami nyeri dada, atau gejala penyakit arteri koroner lainnya.

Rasa sakit dapat menyebar ke lengan kiri, leher, rahang dan punggung. Kondisi ini juga dapat disebabkan oleh aktivitas olahraga, karena jantung membutuhkan lebih banyak oksigen selama aktivitas fisik.

3. Masalah Kulit

Ketika ada terlalu banyak kolesterol jahat yang beredar di aliran darah, dapat mulai menumpuk di kulit dalam lesi seperti ruam, dan bahkan dapat muncul di wajah. Jenis ruam kulit tertentu merupakan gejala kadar kolesterol yang sangat tinggi.

Masalah kulit ini termasuk Xanthelasma, plak lembut berisi kolesterol yang berkembang di bawah kulit, biasanya pada atau di sekitar bulu mata dan paling sering di dekat hidung.

Arcus senilis adalah setengah lingkaran abu-abu, putih, atau tumpukan kuning terbuat dari lemak dan kolesterol di tepi luar kornea, lapisan luar yang jelas di bagian depan mata. Xanthomas adalah lesi pada kulit yang mengandung kolesterol dan lemak. Ini adalah lesi yang menonjol seperti lilin dan sering berwarna kuning.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Artikel ini telah tayang di lifestyle.sindonews.com dengan judul "3 Gejala Awal Kolesterol Tinggi yang Perlu Diketahui"
 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...