Beberapa Tempat di Jawa Timur Diterjang Banjir
ilustrasi

Beberapa Tempat di Jawa Timur Diterjang Banjir

Selasa, 11 Okt 2016 | 09:56 | Rusmanto

WinNetNews.com - Selain Kabupaten Sidoarjo, banjir akibat intensitas hujan yang tinggi dalam dua hari terakhir juga terjadi di beberapa daerah di Jawa Timur. Banjir diantaranya melanda wilayah Kabupaten Ngawi, Trenggalek, Malang, Blitar, dan Kabupaten Trenggalek.

Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf yang dikonfirmasi usai meninjau banjir yang melanda Kabupaten Sidoarjo, menyatakan pihaknya telah menyiapkan bantuan makanan dan pendirian dapur umum untuk membantu warga korban.

“Untuk pelaksanaan, itu terserah BPBD dari Pemkab atau Pemkot setempat. Namun, untuk Sidoarjo kita harap titik-titik tertentu harus diperhatikan karena jalur di wilayah tersebut merupakan akses utama Jatim dengan Pasuruan, Jember dan Malang,” ujarnya.

Terpisah, Bupati Sidoarjo, Saiful Illah, menyatakan bahwa banjir yang juga memutus jalur Surabaya-Mojokerto akibat genangan air menutup ruas badan jalan raya di Trosobo, dikarenakan muara sungai penuh akibat air laut mengalami rob.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Pengairan (PUP), Fatkhurrahman menyatakan pihaknya menganggarkan dana Rp 8 miliar untuk penanganan banjir yang ia sebut sebagai banjir musiman itu. Dana tersebut lebih besar porsinya untuk normalisasi saluran air dan sungai, serta perbaikan pintu air Sidokare dan Pucang.

Sementata itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sidoarjo telah menyatakan status Siaga Darurat untuk Kota Delta Sidoarjo. Status siaga darurat ini diberlakukan untuk mengantisipasi potensi bencana di peralihan musim. Kepala BPBD Sidoarjo, Dwijo Prawito mengatakan status tersebut berdasarkan keputusan BPBD Jatim untuk mengantisipasi segala bentuk bencana di peralihan musim kemarau ke hujan ini.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...