Beberapa Tips Agar Bisa Tidur Lebih Nyenyak
ilustrasi

Beberapa Tips Agar Bisa Tidur Lebih Nyenyak

Rabu, 9 Jun 2021 | 09:00 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Rekomendasi tidur yang baik berkisar antara 7-8 jam. Tapi, terkadang sulit untuk memenuhi anjuran tersebut kalau ada banyak deadline proyek kerjaan yang harus dipenuhi, belum lagi hal-hal sepele lainnya yang Anda temukan sehari-hari malah bikin stress makin memuncak.

Ketika Anda merasa sangat lelah saat bangun pagi, diikuti dengan sakit kepala menusuk, bahkan hingga ketiduran di siang hari, tandanya ada yang salah dengan rutinitas tidur Anda. Simak artikel ini untuk mencari tahu tips dan trik mendapatkan tidur cukup, dan juga nyenyak.

1. Jangan makan malam dekat waktu tidur

Proses pencernaan butuh waktu yang tidak sebentar, dan tentunya Anda tidak ingin langsung buru-buru berbaring setelah makan. Langsung tidur sesudah makan bisa meningkatkan kadar asam lambung dan memicu sakit maag. Terkadang bisa juga menimbulkan rasa panas di perut, dada, dan tenggorokan. Beri jarak yang cukup antara waktu makan malam dan waktu tidur Anda.

2. Mandi air hangat sebelum tidur

Saat malam, temperatur tubuh menurun dan kita mulai merasa lelah, mengantuk, dan lesu. Semakin dingin suhu tubuh, semakin sedikit motivasi diri kita untuk melakukan aktivitas penting, seperti bernapas dan memompa darah.

Pendinginan tubuh adalah salah satu alami tubuh untuk menandakan bahwa kita siap tidur. Namun, pendinginan di malam hari akan menjadi suatu hal yang mengganggu jika kita berada di lingkungan yang gerah dan lembap, di mana udara cenderung untuk tetap berada di suhu kamar atau bahkan lebih panas lagi.

Mandi air hangat sebelum tidur bisa membantu tubuh Anda untuk menurunkan temperatur alaminya dan juga melemaskan otot-otot tubuh, agar bangun pagi jadi lebih segar.

3. Atur suhu kamar

Suhu kamar yang ideal demi mendapatkan tidur nyenyak adalah 20-23°C

4. Jangan main handphone atau laptop di tempat tidur

Melatonin, hormon alami tubuh yang diproduksi oleh kelenjar pituitary yang membantu Anda tidur, hanya ada di malam hari. Jadi, saat Anda mematikan lampu kamar dan berhenti mengutak-atik handphone sebelum tidur, otak dan mata Anda akan mulai mengirimkan sinyal ke kelenjar pineal Anda untuk mulai memproduksi melatonin.

Jika Anda termasuk orang yang tidak bisa lepas dari gadget Anda, install aplikasi seperti F.Lux yang bisa mengurangi gelombang cahaya biru dari perangkat Anda.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...