Beberapa Tips Bila Ingin Bahas Keuangan dengan Pasangan

Rusmanto
Rusmanto

Beberapa Tips Bila Ingin Bahas Keuangan dengan Pasangan ilustrasi
Winnetnews.com -  Masalah keuangan memang merupakan isu yang cukup sensitif, bahkan ketika Anda membicarakan topik ini dengan pasangan. Pasalnya, tidak semua orang mau terbuka mengenai kondisi keuangannya terhadap orang terdekat sekalipun.

Membicarakan keuangan dengan pasangan secara dewasa

Berikut adalah cara yang dapat Anda lakukan untuk membicarakan masalah keuangan tanpa menimbulkan konflik.

1. Berdiskusi pada saat yang tepat

Pada dasarnya, tidak ada patokan waktu yang mutlak untuk membicarakan masalah keuangan bersama pasangan. Waktu yang tepat untuk berdiskusi disesuaikan dengan masalah yang hendak dibahas serta karakter pasangan.

Jika Anda mendiskusikan masalah keuangan sejak awal, Anda dapat mengetahui kecocokan sudut pandang Anda dan pasangan terkait topik ini. Anda pun akan mendapatkan gambaran mengenai tujuan bersama yang hendak diraih.

Di sisi lain, sah-sah saja jika Anda ingin menunda beberapa waktu sebelum membicarakan masalah keuangan. Selain membuat Anda semakin memahami pasangan, Anda juga mampu menentukan gaya komunikasi yang tepat saat membahas isu sensitif.

2. Berbicara berdasarkan perilaku masing-masing

Sebelum membicarakan masalah keuangan dengan pasangan, pahami dahulu perilaku Anda dan pasangan terkait pengelolaan keuangan. Catatlah pemasukan, pengeluaran, maupun unsur lain yang termasuk di dalamnya.

Dengan cara ini, Anda dapat menentukan topik keuangan yang spesifik untuk dibahas. Anda dan pasangan bisa lebih fokus mencari solusi karena pembicaraan tidak akan menyebar ke mana-mana.

Apa Reaksi Kamu?