Beberapa Tips dan Manfaat Hubungan Badan Saat Haid

Rusmanto
Rusmanto

Beberapa Tips dan Manfaat Hubungan Badan Saat Haid ilustrasi
Winnetnews.com -  Bagi sebagian orang, berhubungan seks saat haid ditakutkan karena masih dianggap tabu. Namun ternyata, ada banyak fakta menarik seputar berhubungan seks saat haid yang mungkin belum banyak diketahui. Daripada hanya menerka-menerka, berikut hal-hal yang perlu Anda tahu seputar seks saat haid.

Manfat berhubungan seks saat haid

Bercinta punya banyak manfaat buat kesehatan. Begitu pula jika berhubungan intim dilakukan saat haid. Namun, manfaat yang bisa Anda dapatkan mungkin sedikit berbeda.

Meringankan kram

Perut kram adalah gejala PMS langganan kebanyakan wanita yang sedang haid. Kram muncul karena rahim berkontraksi untuk meluruhkan lapisannya.

Nah, fakta di lapangan menyebut orgasme bisa meringankan kram saat haid. Ini karena rahim juga ikut berkontraksi saat seks untuk merontokkan jaringannya. Namun, Anda tidak akan merasakan sakit yang seperti biasanya karena pikiran sedang terdistraksi oleh nikmatnya seks.

Di saat bersamaan, seks memicu otak mengeluarkan hormon endorfin. Endorfin adalah hormon pemberi rasa bahagia yang bisa mengalihkan pikiran dari sakit sedang yang dirasakan.

Haid lebih singkat

Ketika Anda rutin berhubungan seks saat sedang haid, otot rahim akan lebih sering berkontraksi. Kontraksi rahim khususnya akan sangat intens saat orgasme.

Kondisi ini membuat jaringan lapisan rahim bisa lebih cepat luruh karena terus dirangsang untuk lepas. Alhasil haid Anda yang biasanya lama jadi selesai lebih cepat dari biasanya.

Meringankan sakit kepala

Salah satu gejala yang kerap muncul saat sedang menstruasi adalah sakit kepala. Nah, berhubungan seks dapat membantu meringankan sakit kepala saat Anda haid.

Hal ini dibuktikan oleh penelitian terbitan The Journal of Headache and Pain. Wanita haid yang mengalami migrain melaporkan sakit kepalanya terasa lebih ringan setelah berhubungan seks.

Meski tidak begitu jelas hubungannya, endorfinlah yang diduga berperan kuat dalam hal ini.

Seks tidak terasa sakit

Kunci seks yang nikmat tanpa rasa sakit adalah bantuan pelumas pada vagina. Ketika vagina sudah cukup “basah”, penis akan lebih mudah masuk tanpa menimbulkan rasa kesat atau sakit.

Saat haid, darah bisa jadi pelumas alami vagina yang membuat area sekitarnya menjadi lebih licin.

Apa Reaksi Kamu?