Beberapa Tips Memilih Pasta Gigi Bila Gigi Berlubang

Rusmanto
Rusmanto

Beberapa Tips Memilih Pasta Gigi Bila Gigi Berlubang ilustrasi

Winnetnews.com -  Tergantung seberapa besar lubangnya, gigi Anda bisa terasa sedikit nyut-nyutan atau nyeri bukan main. Gigi berlubang yang terus dibiarkan pun membuat Anda rentan mengalami infeksi gigi dan gigi tanggal.

Nah sebelum minum obat sakit gigi, menggosok gigi pakai pilihan pasta gigi yang tepat dapat mencegah gigi berlubang makin parah. Lantas, bagaimana cara memilih pasta gigi untuk gigi berlubang?

Kenapa gigi berlubang?

Istilah medis untuk gigi berlubang adalah karies atau cavities. Penyebab utama munculnya lubang adalah penumpukan plak pada gigi akibat tidak menjaga kebersihan mulut dengan baik.

Plak adalah lapisan yang terbentuk dari sisa-sisa makanan, air liur, serta jutaan bakteri. Ketika Anda jarang membersihkan gigi, plak akan menumpuk di permukaan serta sela-sela gigi.

Bakteri yang hidup di dalam plak kemudian akan berkembang biak dan menghasilkan asam yang mengikis enamel (lapisan terluar gigi). Enamel yang terus-terusan terkikis pada akhirnya akan lapuk dan membentuk lubang.

Semakin banyak plak yang menumpuk di permukaan gigi, maka lubang yang terbentuk juga cenderung lebih besar. Anda mungkin tidak merasa apa-apa ketika lubang yang terbentuk masih berukuran kecil. Namun, bila lubang sudah membesar, Anda akan lebih rentan mengalami sakit gigi.

Apa Reaksi Kamu?