Beberapa Tips Mengasuh Anak Kidal
ilustrasi

Beberapa Tips Mengasuh Anak Kidal

Rabu, 26 Feb 2020 | 18:56 | Rusmanto

Winnetnews.com - Menurut data statistik, populasi orang kidal di seluruh dunia hanya sebesar sepuluh persen. Dengan lingkungan di sekitarnya yang mayoritas menggunakan tangan kanan, tentunya wajar jika terkadang anak Anda merasa aneh dan berbeda. Namun, jangan biarkan anak jadi berkecil hati. Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda lakukan dalam mengasuh anak kidal.

Mengapa anak bisa kidal?

Sebelum masuk ke tips mengasuh anak kidal, Anda mungkin pernah bertanya-tanya mengapa anak bisa kidal, apalagi jika kedua orang tuanya menggunakan tangan kanan. Sejumlah fakta tentang kidal memang menarik untuk dibahas.

Sebetulnya belum ada penyebab pasti yang membuat seseorang menjadi kidal. Salah satu kemungkinannya adalah turunan genetik. Memang, orang tua yang kidal memiliki potensi 50% lebih besar untuk memiliki anak kidal, tapi satu gen dari orang tua saja tidak cukup. Dibutuhkan perpaduan dari banyak gen dengan jenis yang berbeda untuk menghasilkan anak yang kidal.

Paparan testosteron tinggi juga dapat menyebabkan anak menjadi kidal. Oleh karena itu, anak laki-laki yang kidal memiliki jumlah yang sedikit lebih banyak daripada anak perempuan.

Meski demikian, faktor dari luar memiliki peran yang lebih besar dalam memberikan pengaruh pada anak. Ketika masih dalam masa pertumbuhan, anak sedang senang-senangnya melihat dan meniru hal-hal yang dilakukan oleh orang dewasa di sekelilingnya. Jika Anda atau pengasuh sering beraktivitas dengan tangan kiri, maka tak heran bila anak juga ikut menggunakan tangan kiri.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...