Beberapa Tips Pengobatan Bagi Penderita Kanker Prostat

Rusmanto
Rusmanto

Beberapa Tips Pengobatan Bagi Penderita Kanker Prostat ilustrasi
Winnetnews.com -  Berdasarkan laporan Kementerian Kesehatan RI, kanker prostat menjadi penyebab kematian paling sering pada pria. Di Indonesia, tercatat bahwa jumlah penderita kanker prostat di beberapa rumah sakit di Jakarta, Surabaya, dan Bandung, mencapai 1.102 jiwa. Untuk mencegah keparahan kondisi, pengobatan lebih dini perlu dilakukan. Lantas, bagaimana cara mengobati kanker prostat?

Baragam cara mengobati penyakit kanker prostat

Sel kanker tidak hanya menyerang satu jaringan. Sel yang abnormal ini bisa menyebar dan menyerang jaringan sehat di sekitarnya. Pada kanker prostat, sel kanker bisa menyerang kandung kemih bahkan tulang. Pasien akan kesulitan untuk buang air kecil, nyeri di sekitar panggul, kesulitan untuk ereksi, dan keluarnya urine bercampur darah.

Agar kanker tidak menyebar dan menurunkan kualitas hidup pasien, perawatan dokter sangat diperlukan. Tidak hanya satu, ada banyak jenis pengobatan untuk kanker prostat. Pengobatan tersebut akan disesuaikan dengan keparahan penyakit dan kondisi pasien.

Berikut beberapa cara mengobati kanker prostat yang bisa dijalani pasien, antara lain:

1. Pengawasan aktif dokter

Pengawasan aktif merupakan bagian dari pengobatan kanker prostat. Dokter akan memonitor perkembangan sel kanker pada prostat dengan melakukan beberapa tes, yakni:

  • Tes Prostate specific Antigen (PSA). Tujuannya untuk mengukur konsentrasi protein yang dihasilkan oleh prostat, yang bisa jadi penanda kanker.
  • Digital Rectal Exam (DRE). Pemeriksaan kanker prostat dengan perabaan prostat langsung lewat anus.
  • Biopsi prostat. Pemeriksaan sampel jaringan dari kelenjar prostat.

Perawatan kanker lebih lanjut dibutuhkan bila kanker terus tumbuh atau menyebabkan gejala.

Apa Reaksi Kamu?