Beberapa Tips untuk Atasi Kekurangan Sel Darah Putih
ilustrasi

Beberapa Tips untuk Atasi Kekurangan Sel Darah Putih

Selasa, 23 Feb 2021 | 08:30 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Sel darah putih adalah komponen penting dalam sistem imun manusia. Ketika jumlahnya terlalu rendah, Anda pun lebih rentan terserang infeksi. Terdapat berbagai macam cara untuk meningkatkan leukosit, salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan tertentu. Apa saja makanan yang bisa menjadi penambah sel darah putih? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Apa saja makanan penambah sel darah putih?

image0

Neutropenia dan leukopenia adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada keadaan ketika jumlah sel darah putih (leukosit) terlalu rendah dalam darah. 

Sel darah putih yang rendah biasanya paling rentan dialami oleh orang yang sedang melakukan pengobatan kanker (kemoterapi) dan memiliki sistem imun yang lemah akibat penyakit tertentu. 

Anda perlu mengubah gaya hidup Anda jika mengalami kekurangan sel darah putih. Salah satunya adalah mengonsumsi makanan penambah sel darah putih. 

Berikut makanan penambah sel darah putih yang dapat Anda pertimbangkan.

1. Daging matang

Daging merupakan salah satu makanan penambah sel darah putih yang ampuh. Untuk memastikan manfaatnya untuk menambah sel darah putih, pastikan semua daging atau ikan harus dimasak secara menyeluruh. Bila perlu, gunakanlah termometer makanan untuk memastikan bahwa daging yang dimasak mencapai suhu yang tepat.

2. Tahu

Jika tahu dalam keadaan dingin, potonglah tahu seukuran dadu dan rebuslah lima menit dalam air sebelum tahu akan dimasak dengan bahan makanan lainnya. Proses memasak seperti ini tidak diperlukan jika tahu menggunakan kemasan antiseptik seperti tahu jenis Mori-Nu silken.

3. Olahan kacang

Pilihlah kacang yang segelnya divakum, atau selai kacang. Kacang panggang kalengan, kacang yang dikupas dan dipanggang juga termasuk makanan penambah sel darah putih. 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...