Beberapa Tips untuk Menjaga Kesehatan Mental di Masa Pandemi
istimewa

Beberapa Tips untuk Menjaga Kesehatan Mental di Masa Pandemi

Rabu, 13 Okt 2021 | 08:00 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Hari Kesehatan Mental Sedunia pada 10 Oktober menjadi momen tepat untuk memahami pentingnya menjaga kesehatan mental. Terlebih di tengah pandemi, kesehatan mental menjadi satu hal yang ikut terdampak di samping kesehatan fisik.

Padahal, menjaga kesehatan mental agar tetap sehat sama pentingnya dengan menjaga kesehatan fisik. Pendiri Aplikasi KALBU (platform online untuk kesehatan mental masyarakat) Iman Hanggautomo mengatakan kesehatan mental dan kesehatan fisik menjadi dua hal yang saling menunjang satu dengan lainnya.

"Kalau kesehatan mental terganggu bisa menyebabkan masalah pada hipertensi atau jantung. Begitu juga sebaliknya. Maka dua hal ini harus berjalan beriringan," kata Iman dikutip dari situs resmi covid19.go.id, Selasa (12/10/2021).

Lebih lanjut ia menjelaskan tidak ada keseimbangan antara mental dan fisik pun berpotensi menimbulkan masalah pencernaan seperti maag dan gangguan asam lambung.

"Kaitan antara kesehatan mental dengan imun itu sangat kuat. Kesehatan mental itu tentang kesejahteraan emosional dan nyaman pada diri kita sendiri. Maka apabila ini baik maka otomatis imun tubuh juga akan baik," katanya.

Mengingat keduanya penting untuk menunjang kesehatan tubuh, Iman menjelaskan 7 kiat menjaga kesehatan mental dan imun di masa pandemi. Pertama dengan rutin berolahraga. Menurutnya, melakukan olahraga teratur akan memberikan dampak yang baik bagi tubuh dan pikiran.

Kedua, Imam mengatakan pentingnya untuk memiliki orang yang dapat dipercaya. Hal ini bertujuan sebagai teman bercerita atau berkeluh kesah saat mengalami masalah.

"Jika tidak memiliki orang yang dianggap dapat dipercaya untuk mencurahkan isi hati dapat menggunakan bantuan profesional seperti psikolog," ungkapnya.

Ketiga, mengurangi keluhan dengan cara bersyukur juga jadi hal yang perlu lakukan. Ia menyebut meski dalam kondisi pandemi COVID-19, ada baiknya untuk tetap bersyukur karena masih diberikan kesempatan menjalani kehidupan.

"Semakin banyak mengeluh maka akan semakin depresi," kata Iman.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...