Beberapa Tips untuk Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut
ilustrasi

Beberapa Tips untuk Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Selasa, 17 Nov 2020 | 07:33 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Demi menghasilkan senyuman yang indah dan sehat, kesehatan gigi dan mulut perlu dijaga dengan baik. Jangan sampai sakit gigi menghalangi kenyamanan dan segala aktivitas Anda.

Alasan kesehatan gigi dan mulut perlu dijaga

Terdapat miliaran bakteri yang hidup di dalam mulut dan gigi. Bakteri datang melalui beragam cara dan tumbuh di banyak celah. Bakteri yang menumpuk terlalu lama dapat menjadi plak gigi dan menyebabkan kerusakan gigi (gigi berlubang), hingga penyakit radang pada gusi.

Dalam prosesnya, bakteri tersebut dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan gigi dan mulut. Misalnya sisa dari makan makanan manis, yang disebut biofilm, dikenal mudah membentuk plak gigi. Plak yang menempel terlalu lama akan menghasilkan zat asam dan merusak enamel gigi hingga gigi menjadi berlubang.

Bakteri dalam bentuk plak yang terbentuk di dekat gusi juga membahayakan kesehatan mulut. Pasalnya, plak dekat gusi dapat menghasilkan racun yang bisa masuk ke jaringan gusi lalu menyebabkan radang gusi.

Jika bakteri-bakteri tersebut tidak ditangani dengan cermat atau tidak dicegah dari awal, dapat menjadi penyakit serius. Radang gusi bisa menjadi periodontitis dan membuat Anda berisiko kehilangan gigi atau jaringan di sekitar gigi.

Akibat yang dihasilkan dari kerja bakteri pada gigi dan mulut perlu diperhatikan dengan cermat. Salah satu cara paling mudah yakni mencegahnya melalui kebiasaan sehari-hari.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...