Beda Demam Coronavirus dengan Demam Biasa
ilustrasi

Beda Demam Coronavirus dengan Demam Biasa

Rabu, 12 Feb 2020 | 16:25 | Rusmanto
Winnetnews.com - Wabah novel coronavirus kini telah menyerang lebih dari 40.000 orang serta menewaskan lebih dari 1.000 orang secara global. Rata-rata orang yang terinfeksi virus ini mengalami gejala demam. Nah, bagaimana cara membedakan gejala demam novel coronavirus dengan flu biasa?

Gejala demam coronavirus vs gejala demam biasa

image0

Menurut CDC, orang yang terinfeksi novel coronavirus atau 2019-nCoV biasanya mengalami  demam, batuk dan sesak napas. Khusus untuk demam, biasanya muncul dalam 2-14 hari setelah terpapar virus. 

Jumlah hari dihitung tersebut berdasarkan masa inkubasi novel coronavirus. Karena itu, ada kemungkinan orang sudah terinfeksi baru mengalami gejala demam setelah beberapa hari dan lolos thermal scanner bandara, seperti yang terjadi Paris, Prancis.

Lalu, apakah demam pada novel coronavirus dan demam pada flu berbeda? Faktanya, demam keduanya ternyata bisa berbeda. 

Menurut dr. Sita Laksmi Andarini, Ph.D, Sp.P(K), dokter spesialis paru di MRCCC Siloam Semanggi, demam pada 2019-nCoV dan flu biasa terletak pada riwayat perjalanan, apakah Anda pernah mengunjungi daerah yang positif menjadi tempat penularan virus atau tidak.

Jika Anda tidak memiliki riwayat bepergian ke lokasi yang terinfeksi virus, tetapi mengalami demam tinggi dan pernah berkontak langsung dengan orang yang terinfeksi coronavirus, kemungkinan gejala demam itu dipicu oleh novel coronavirus. 

Nah, gejala demam terkait coronavirus biasanya diikuti dengan suhu tinggi di atas sekitar 38°C, sedangkan suhu tubuh ketika demam biasa terjadi sekitar 37.2°C.

“Selain itu, infeksi coronavirus atau jenis virus berat lainnya membuat penderitanya kesulitan melakukan aktivitas tertentu. Artinya, infeksi virus tidak sekadar flu biasa, sehingga gejala demam novel coronavirus tidak dapat disamakan dengan flu pada umumnya,” tutur dr. Sita ketika ditemui di MRCCC Siloam Semanggi. 

Gejala novel coronavirus tidak hanya ditandai dengan demam biasa, melainkan juga badan terasa lemas dan sakit. Selain itu, biasanya demam terkait coronavirus tidak mudah turun suhunya hingga beberapa hari.

Dengan begitu, Anda bisa membedakan mana yang termasuk tanda-tanda gejala novel coronavirus dengan gejala flu biasa, dan menentukan langkah selanjutnya. Atau bila ragu, langsung hubungi dokter bila gejala demam sudah melanda.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...