Beda Dukungan di Kongres V, Pasha Tak Dipilih PAN Jadi Calon Gubernur Sulteng
SUmber: Solopos.com

Beda Dukungan di Kongres V, Pasha Tak Dipilih PAN Jadi Calon Gubernur Sulteng

Jumat, 14 Feb 2020 | 10:15 | Khalied Malvino

Winnetnews.com - Meski kericuhan telah usai dalam Kongres V Partai Amanat Nasional (PAN) di Hotel Claro, Kendari, Sulawesi Selatan (Sulsel) beberapa hari lalu, tak membuat semangat jelang Pilkada 2020 di Pulau Sulawesi lengah.

Mengutip Indopolitika.com, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN memastikan mengusung Wakil Gubernur Sulawesi Tengah (Wagub Sulteng) Rusli Baco Dg Pallabi untuk maju dalam Pilkada Sulteng 2020. Padahal, Wakil Wali Kota Palu, Sigit Purnomo Syamsuddin Said atau Pasha ‘Ungu’ sudah berniat jauh-jauh hari jika ingin kembali berpolitik di tingkat yang lebih tinggi, menjadi Gubernur Sulteng.

Kepastian Wagub Sulteng, Rusli Baco Dg Pallabi sebagai calon Gubernur Sulteng tersebut sudah berdasarkan rekomendasi dalam Surat Keputusan (SK) DPP PAN No: PAN/A/Kpts/KU/Sj/09/1/2020 tentang Persetujuan Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng yang tersebar luas di media sosial.

Rusli Baco Dg Palabbi dikutip dari Antara, Kamis (13/2/2020) membenarkan hal tersebut. Namun, ia masih enggan menyebut siapa pendampingnya dalam Pilkada Sulteng yang berlangsung September 2020.

“Untuk saat ini SK dari DPP PAN sudah berada di tangan saya, yang diberikan langsung oleh Ketua Umum PAN terpilih periode 2020-2025, Zulkifli Hasan (Zulhas),” ujarnya.

Rusli enggan mempublikasi calon pendamping untuknya karena masih menunggu rekomendasi dan SK dari partai politik lain.

“Ya, SK tersebut sengaja tidak diperlihatkan secara keseluruhan, namun yang terpenting bahwa saya telah diberi mandat dari DPP PAN untuk bertarung pada Pilkada Sulteng 2020, baik sebagai calon gubernur atau wakil gubernur,” terangnya.

Sebelumnya, Pasha yang juga kader PAN sudah menyatakan siap maju pada Pilkada Sulteng, September 2020. Keinginan vokalis Ungu itu dapat dilihat dari banyaknya baliho dan pamflet yang memuat foto serta namanya yang terpasang, tersebar di sejumlah daerah di Sulteng.

Disinyalir, tidak dipilihnya Pasha sebagai calon Gubernur Sulteng dikarenakan Pasha mendukung lawan politik Zulhas di Kongres V PAN beberapa waktu lalu, yakni Mulfachri. Sehingga keinginan Pasha menjadi calon Gubernur Sulteng kemungkinan sirna lantaran beda dukungan di internal PAN usai Zulhas kembali menjabat Ketua Umum PAN.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...