Beda Pendapat Sama Ortu, Pakai Tips Ini Buat Kendalikan Diri Agar Tak Memperburuk Keadaan

Beda Pendapat Sama Ortu, Pakai Tips Ini Buat Kendalikan Diri Agar Tak Memperburuk Keadaan

Rabu, 27 Apr 2016 | 16:25 | Kontributor 3
Winnetnews.com – Apakah sobat winnet pernah berantem sama orang tua? Kalo pernah sebaiknya kita mulai deh mengerem diri. Karena walau bagaimana pun orang tua harus kita hormati dong.

Tapi kalo memang kamu lagi berselisih pendapat sama ortu, sebaiknya mulai ingat deh pesan-pesan dibawah ini:

1. Jangan emosi

image0

Biar bagaimana pun Orang tua adalah sosok yang paling berharga di dunia ini. Soalnya, tanpa mereka kita nggak bakal terlahir didunia. Nah kalo kamu lagi bertengkar dengan ortu sebaiknya segera deh redam emosi kamu. Jangan sampai emosi kamu seperti ledakan petir dong. apalagi kalo sama ibu kamu sob.

Ingatlah bahwa restu Tuhan adalah restu dari ortu lho. Emosi juga bukan cara yang tepat untuk menyelesaikan masalah. Termasuk ketika bertengkar dengan ortu. Bahkan bukan hanya dalam kondisi ini saja, dalam kondisi lain menggunakan emosi justru akan memperkeruh masalah. Tarik nafas dalam-dalam, berfikir secara tenang, dan jangan sampai emosi akan mengendalikan kamu. Bicaralah secara baik-baik agar semuanya terlihat jelas.

2. Jangan egois, dan mengalah

image1

Memang sih jiwa muda biasanya selalu meledak-ledak. Namun kalo lagi berantem sama ortu yang nggak boleh gitu juga lho. Biasanya ortu melarang untuk mengarahkan anaknya agar lebih baik.

Sekalipun kamu memiliki anggapan bahwa ortu salah, sebaiknya jangan memberikan penilaian secara langsung. Karena kamu tidak bisa melakukan sebuah penilaian secara cepat hanya berdasarkan maksud atau tujuan orang tua yang menyebabkan salah faham tersebut. Jangan egois, cobalah untuk mengalah yang bertujuan agar pertengkaran tidak terjadi semakin hebat.

3. Jelaskan maksud dan tujuan kamu

image2

Lebih baik komunikasi dong, dari pada marah-marah nggak ada juntrungannya. Lebih baik kamu melatih kemampuan komunikasi kamu. Coba deh kamu utarakan aja maksud dan tujuan kamu.

Ya, jangan lupa untuk bersikap sportif dengan memberikan penjelasan maksud dan tujuan kamu sebenarnya. Tapi ingat ya, cara waktu yang rasanya tepat untuk kamu berbiacara, dan jangan berbicara menggunakan nada yang tinggi. Dengan begitu, bisa saja pertengkaran yang terjadi hanya karena salah faham dan akhirnya bisa segera terselesaikan.

4. Minta maaf

image3

Ini jurus yang harus kamu lakukan setiap ada perselisihan paham dengan siapa saja. Apalagi sama ortu. Kalo kamu biasanya berakhir dengan ngambek. Nah mulai sekarang coba deh kamu akhiri dengan permintaan maaf.

Nah, kalo sudah adem coba deh kamu komunikasi lagi, pasti ortu lama-lama bisa paham kok.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...