(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Begini 5 Tips Menabung Ala Orang Jepang. Patut Dicoba!

Cindy
Cindy

Begini 5 Tips Menabung Ala Orang Jepang. Patut Dicoba! Foto:Ilustrasi

WinNetNews.com- Menabung adalah salah satu investasi yang diperlukan semua orang didunia ini. Perempuan juga harus bisa menghitung biaya hidup agar dapat menabung dengan jumlah besar. 

Bagi kalian yang pekerja kantoran tentunya ingin memiliki tabungan untk masa depan atau untuk keluarga kamu, apabila terjadi sesuatu tabungan tersebut bisa digunakan. Dikutip dari IDN berikut trik menambung yang diadaptasi dari orang Jepang terutama wanitanya. 


1. Mengambil semua gaji secara tunai

Meskipun gaji selalu dibayar tepat waktu ke rekening, biasanya mereka akan menarik semua secara tunai agar lebih mudah dikelola, karena uang yang ada di rekening lebih sulit untuk dikontrol dan dilacak pengeluarannya secara debit.

Uang yang sudah ditarik secara tunai lalu dipisahkan sesuai dengan kebutuhan ke dalam amplop terpisah atau money organizer, misalnya untuk kebutuhan sehari-hari, bayar tagihan, transportasi atau untuk di tabung. 


2. Targetkan jumlah tabungan


Kamu harus bisa memberikan target untuk tabungan mu. Di Jepang, biasanya mereka menargetkan untuk menabung setidaknya Rp 200 ribu setiap minggu agar dana bisa terkumpul dalam waktu 5 minggu. Dengan begitu, menabung tidak terasa berat dan bisa dilanjutkan untuk target keperluan lainnya. Tips ini wajib dicoba untuk kamu yang sering sulit menabung karena merasa terbebani dengan jumlah yang besar.


3. Membandingkan harga barang dari semua merek

Sebelum membeli barang, kamu harus membandingkan harga barang dari semua merek yang ditawarkan di pasaran, untuk melihat pilihan mana yang akan memberikan harga dan value terbaik.

Contohnya, daripada setiap hari membeli makan siang di luar, membawa bekal selama 3 hari dalam seminggu saja bisa menghemat gaji lebih dari Rp 4 juta setiap tahunnya.

4. Simpan uang Koin

Uang  ternyata bisa menjadi harta karun kamu. Memasukkan uang koin sisa belanja ke dalam celengan. Meskipun terlihat sepele, namun kamu akan terkejut dengan jumlah yang nantinya terkumpul selama setahun. Jadi jangan pernah sepelekan uang koin ya, uang koin juga bisa menjadi aset untuk menambah tabungan.


5.  Membawa daftar belanja 

Salah satu hal yang paling sering membuat gaji cepat habis adalah pergi ke supermarket tanpa daftar belanja. Sebelum pergi ke supermarket untuk menghindari pembelian barang yang tidak direncanakan. Biasanya saat kamu berkeliling di supermarket, kamu jadi gampang tergiur dengan diskon, promo atau membeli barang yang sebenarnya tidak diperlukan. 

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});