Begini Analisis BMKG Terkait Gempa Gunungkidul Yogyakarta

Cindy Cesilia
Cindy Cesilia

Begini Analisis  BMKG Terkait Gempa Gunungkidul Yogyakarta Foto:Istimewa

WinNetNews.com- Baru-baru ini Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta  diguncang gempa pada dini hari. Dikutip dari berbagai sumber yang ada, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menganalisis terkait gempa tektonik yang terjadi pada pukul 01.36 WIB itu.


"Pukul 01.36.36 WIB, wilayah Samudera Hindia Selatan Jawa diguncang gempa bumi tektonik," kata Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono, dalam keterangan tertulisnya.


Berdasarkan dari hasil analisis update BMKG, gempa bumi tersebut bermagnitudo 5,2. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 8,93 LS dan 110,22 BT, 

"Atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 114 km arah selatan Kota Wonosari pada kedalaman 62 km," kata Rahmat Triyono. 


Rahmat juga mengungkapkan, hingga pukul 02.00 WIB, hasil monitoring BMKG tidak menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan. BMKG pun mengimbau masyarakat untuk tetap tenang. 

"Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," tambah Rahmat Triyono. 

Apa Reaksi Kamu?