Begini Asal - Usul Kata Pengemis atau Ngemis

Begini Asal - Usul Kata Pengemis atau Ngemis

Kamis, 31 Mei 2018 | 16:22 | Fellyanda Suci Agiesta

WinNetNews.com - Pengemis atau ngemis, yang biasanya kamu ketahui adalah beberapa orang yang bekerja mencari nafkah dengan cara meminta dengan muka memelas. Mereka biasanya berkeliaran di tempat keramaian, memakai pakaian compang – camping dan sebagian tampak cacat (entah itu kaki pincang atau ada bekas luka disebagian tubuh). Bahkan yang lebih menyedihkan lagi, mereka rela membawa anak - anak mereka untuk mengemis. 

Namun apakah kamu tahu asal – usul dari kata pengemis atau ngemis?

Jauh dari pikiran kalian tentang arti dari kata pengemis atau ngemis. Sejarah dari dua kata tersebut berawal dari seorang raja yang sedang melihat – lihat keadaan rakyatnya. Raja Paku Buwono berjalan keluar Istana menuju Masjid Agung pada hari Kamis bersama pengawal dan ajudannya. Saat berjalan, banyak masyarakat yang sudah berjejer rapi di samping kanan dan kiri Raja sambil menengadahkan tangannya berharap diberikan sedekah dari sang raja.

Pada saat itu, Raja Paku Buwono tidak menyia – nyiakan kesempatan yang ada. Ia memberikan sedekah untuk masyarakat yang ada di sana. Kebiasaan ini terus – menerus dilakukan hingga akhirnya masyarakat menyebutnya Ngemis atau meminta berkah dan rezeki pada hari Kamis (dari bahasa jawa Kamis = Kemis). Sedangkan pengemis berarti orang yang meminta setiap hari Kemis saat itu.

Namun kata pengemis rupanya telah masuk salah satu kosa kata bahasa Indonesia yang tentunya kata dasarnya bukan emis tapi Kemis (Kamis), ternyata sebutan peminta-minta kalah populer dengan istilah pengemis padahal kata pengemis kalau diurai dan diambil dari kata dasarnya yakni kemis atau emis mungkin tidak dikenal dalam kosa kata bahasa indonesia kecuali kalau ada tambahan awalan pe sehingga muncul istilah “Pengemis”. Lain halnya dengan kata peminta-minta kata dasarnya adalah minta yang artinya jelas bahkan bisa berdiri sendiri tanpa ada awalan pe.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...