Begini Cara Atasi Kelelahan Mata Setelah Seharian Bekerja di Depan Komputer
Foto: Vision Eye Institute

Begini Cara Atasi Kelelahan Mata Setelah Seharian Bekerja di Depan Komputer

Kamis, 16 Apr 2020 | 17:18 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Masa karantina seperti saat ini membuat kita lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Mulai dari belajar hingga kerja, semua dilakukan secara online di rumah dengan mengandalkan perangkat komputer. Selain itu setelah tugas-tugas selesai, biasanya kita akan menghabiskan waktu luang dengan menonton film dari layanan streaming.

Kegiatan tersebut tak jarang membuat mata dan kepala kita terasa sakit, karena harus berada berjam-jam di depan layar komputer. Jika hal ini terjadi, artinya kita harus segera mengistirahatkan mata, agar sakit yang terasa dapat segera reda.

Dilansir dari Pinkvilla, berikut ini beebrapa tips dan trik yang bisa dilakukan untuk membuat mata terasa lebih baik setelah berjam-jam berada di depan komputer.

Mata kering

Jika kamu mengalami mata yang terasa kering, maka cobalah untuk mengompresnya dengan air hangat. Hangatkan satu buah kain, kemudian letakan di seluruh bagian mata. Cara ini mampu menenangkan mata dan kelopak mata yang bengkak. Kamu juga bisa melembabkannya dengan memercikan air secara berkala.

Mata berair atau nyeri

Berbeda dengan mata kering, mata yang berair perlu dikompres dengan kompres dingin. Kamu bisa mengambil beberapa batu es dan bungkus dengan kain. Lalu letakan di area mata, sehingga rasa sakit yang terasa dapat segera hilang. Sementara jika mata terasa nyeri, pastikan mata kamu selalu bersih ya. Bersihkan area mata dengan air, serta jangan terlalu sering menyentuhnya. Jangan lupa untuk memejamkan mata selama beberapa menit agar mata tidak lelah.

Selain kedua cara itu, agar meredakan kelelahan mata kita juga bisa memilih beristirahat selama beberapa menit. Seperti tubuh, mata juga bisa mengalami kelelahan. Jangan gunakan waktu istirahat itu untuk melihat-lihat media sosial. Kamu juga bisa mengatur layar komputer sehingga cahayanya bisa sama dengan benda-benda yang ada di sekitarmu.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...