Skip to main content

Begini Cara Bagi Tugas Merawat Orang Tua Sakit

Begini Cara Bagi Tugas Merawat Orang Tua Sakit
Begini Cara Bagi Tugas Merawat Orang Tua Sakit

WinNetNews.com- Anak dilahirkan dari kedua orangtuanya. Namun setelah beranjak dewasa ketika salah satu atau keduanya jatuh sakit tentu kita perlu saling menopang dalam membantu merawatnya bersama seluruh anggota keluarga.Merawat orang tua yang sudah sakit-sakitan atau sangat rewel, bukanlah hal yang ringan.

Sebab itulah, seluruh anak-anaknya harus dilibatkan dalam upaya merawat dan mendampingi orangtuanya yang sedang sakit. Idealnya tiap anak bergantian merawat, namun kadang-kadang kondisi yang ada tak memungkinkan. Seperti, ada anaknya yang tinggal di luar kota/luar negeri, atau ada memiliki anak berkebutuhan khusus hingga tak bisa ikut merawat.

“Kalau sudah begitu, semua saudara harus duduk bersama dan buatlah kesepakatan tentang pembagian tugas yang adil, termasuk dalam urusan biaya perawatan. Misalnya, anak yang rumahnya ‘ketitipan’ orang tua –apalagi kalau kondisi ekonominya juga pas-pasan— bisa dibebaskan dari urusan keuangan,” kata Dewi Dewo, psikolog yang juga seorang mental health therapist.

“Sementara anak yang paling berada atau anak yang tinggal di luar kota dibebankan biaya lebih besar. Pokoknya, jangan sampai ada anak yang kelebihan beban, sementara anak yang lain relatif terbebas dari tugas. Tapi yang pasti, tidak boleh ada alasan tidak bisa ikut merawat orang tua karena sibuk, karena semua orang juga sibuk,” tambahnya.

Pembagian tugas yang sama pun berlaku jika orang tua bersikeras ingin hidup sendiri di rumahnya, tidak mau ikut dengan anak. Apalagi mereka tinggal di kota yang berbeda dari kota tempat tinggal anaknya.

“Kondisi ini juga tidak kalah memusingkan bagi anak-anaknya, terutama kalau orang tua semakin sepuh dan mulai sakit-sakitan,” lanjut Dewi.

Jika keuangan memungkinkan, tidak ada salahnya kita juga turut mendaftarkan orang tua ikut asuransi hari tua dan asuransi kesehatan untuk mereka.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top