Begini Cara Lakukan Sensus Penduduk Online 2020
Foto: sensus.bps.go.id

Begini Cara Lakukan Sensus Penduduk Online 2020

Sabtu, 15 Feb 2020 | 10:39 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Badan Pusat Statistik (BPS) kembali melakukan sensus penduduk tahun 2020. Jika pada tahun-tahun sebelumnya, sensus dilakukan dengan mengumpulkan dan sensus penduduk (SP) yang dikerjakan oleh para relawan dari pintu ke pintu rumah warga, kali ini masyarakat diminta untuk mengisi data sensus mereka secara online dan mandiri.

Sensus Penduduk Online 2020 (SPO 2020) dimulai sejak 15 Februari hingga 31 Maret 2020. Warga yang hendak mengisi data sensus, bisa melakukannya melalui laman sensus.bps.go.id.

“SP 2020 ini untuk pertama kali SP secara online. Penduduk diberi kesempatan secara aktif dan mandiri dengan akses situs resmi di sensus.bps.go.id,” kata Sekertaris Utama BPS Adi Lumaksono, dikutip dari Kumparan.

Data kependudukan yang digunakan oleh BPS adalah data dari Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri.

Untuk melengkapi SPO 2020, masyarakat hanya perlu mencantumkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) atau Kartu Keluarga (KK). Selanjutnya, warga akan diberikan pertanyaan mengenai kependudukan. Mulai dari identitas pribadi hingga data-data yang diperlukan Negara,

Lantaran SPO 2020 masih baru pertama kali dilakukan, BPS mengajak para anak muda, yang terdiri dari pelajar SMA hingga mahasiswa untuk membantu warga yang mengalami kesulitan saat mengisi data secara online.

“BPS juga akan mendata penduduk yang belum isi SPO. Relawan akan datang dari rumah ke rumah pada Juli 2020,” tambahnya.

Dalam sosialisasi ini, ada sekitar 300 anak muda yang akan datang. Mereka akan diajak untuk melakukan simulasi mengisi bersama SPO 2020.

Sensus penduduk 2020 akan menjadi data pemerintah terkait kependudukan, mulai dari menyediakan parameter demografi seperti fertilitas, demografi, dan indikator pembangunan berkelanjutan atau Suistanable Development Goals (SDGs) yang berguna untuk menentukan perencanaan pembangunan Indonesia.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...