Begini Cara Membersihkan Miss V Setelah Berhubungan Seks
Foto: Ilustrasi

Begini Cara Membersihkan Miss V Setelah Berhubungan Seks

Kamis, 4 Jul 2019 | 20:38 | Cindy Cesilia

Winnetnews.com -  Setelah bercinta ada beberapa hal yang harus kamu lakukan demi menjaga kesehatan tubuh, khususnya untuk perempuan, hal yang perlu langsung dilakukan selain buang air kecil adalah membersihkan miss V.  Pasalnya jika tidak segera dibersihkan, maka vagina kamu rentan terkena virus, bakteri, jamur, hingga penyakit seksual menular.

Langsung buang air kecil

Untuk membersihkan saluran bagian dalam, kamu sebaiknya segera buang air kecil setelah berhubungan seks. Apalagi, vagina dan anus berdekatan dengan uretra. Bila tidak segera dibersihkan, maka bisa menyebar dan pindah dari satu bagian tubuh ke bagian lainnya.

Gunakan air hangat

Bersihkan vagina dengan air hangat dan handuk lembut untuk mengeringkannya bagian luar area vagina. Kamu bisa memakai antiseptik kewanitaan yang mengandung povidone-iodine buat mencegah berkembangnya bakteri, virus, dan jamur. Tapi, hindari memakai pembersih kewanitaan yang mengandung pewangi.

Bagian dalam tidak harus dibersihkan

Kamu cukup membersihkan bagian luarnya, tidak perlu memasukkan jari, air, atau benda lain untuk membersihkannya. Cukup di bagian labia atau bagian luar vagina saja karena bagian dalam vagina bisa bersih dengan sendirinya. Vagina punya sifat untuk membersihkan organnya sendiri serta menjaga keseimbangan bakteri baik di dalam vagina.

Mengonsumsi probiotik

Untuk menjaga kesehatan dan kebersihan vagina, sebaiknya kamu rutin mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik, seperti tempe, yogurt, kimchi, dan makanan fermentasi lainnya. Selain itu, probiotik juga bisa meningkatkan jumlah bakteri baik dalam tubuh.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...