Begini Cara Membuat Kue Nastar Super Enak dan Lembut

Oky
Oky

Begini Cara Membuat Kue Nastar Super Enak dan Lembut

WinNetNews.com - Kue Nastar jadi kue wajib untuk disajikan saat Hari Raya Idul Fitri. Ciri khas dari kue yang satu ini adalah dengan isian selai nanas nikmat di dalamnya.

Kata nastar sendiri berasal dari bahasa belanda, yaitu ananas dan tart yang artinya tart nanas. Kue ini merupakan salah satu jenis kue yang paling banyak digemari terutama pada hari-hari raya. Langsung saja, berikut step by step cara membuat kue nastar yang lembut dan ma' nyos:

Bahan-bahan yang Dibutuhkan :

150 gram margarin

100 gram butter

90 gram gula halus

50 gram susu bubuk

350 gram tepung terigu protein rendah

3 butir kuning telur

1/2 sendok teh vanili bubuk

 

Bahan untuk Selai Nanas :

1 buah nanas, diblender atau diparut

200 gram gula pasir

2 butir cengkeh

2 batang kayu manis

 

Bahan untuk Olesannya :

2 buah kuning telur

1/2 sendok teh air

1/2 sendok teh madu

 

Membuat Selai Nanas dan Olesan untuk Nastar

1. Pertama-tama, masak terlebih dahulu nanas yang sudah diblender/ diparut, kayu manis dan cengkeh hingga air menyusut. Kemudian masukkan gula pasir, lalu aduk hingga selai menjadi padat dan dapat dibentuk.

2. Langkah selanjutnya adalah dengan membentuk selai tadi menjadi bulatan-bulatan dengan ukuran sesuai selera anda. Jangan membentuk selai terlalu besar, karena akan menyebabkan selai keluar dan membuat kulit nastar menjadi retak.

3. Untuk olesannya, masukkan 2 buah kuning telur dan tambahkan 1/2 sendok teh air dan 1/2 sendok madu, kemudian aduk hingga tercampur rata.

 

Membuat Kulit Nastar

1. Langkah selanjutnya yaitu membuat kulit nastar. Silakan masukkan margarin, gula halus, butter, dan vanila bubuk ke dalam wadah (mangkok mixer), kemudian kocok menggunakan mixer sebentar saja, yang penting adonan tercampur rata. Lanjutkan dengan memasukkan kuning telur satu per satu.

2. Setelah itu, masukkan campuran tepung terigu dan susu bubuk sedikit demi sedikit, kemudian aduk adonan menggunakan sendok kayu/ spatula hingga tercampur rata.

3. Selanjutnya, ambil sedikit adonan untuk dibentuk. Untuk sisanya (adonan B), silakan dibungkus dengan plastik wrap dan masukkan ke dalam kulkas.

4. Giling adonan dengan ketebalan kira-kira 1/2 cm. Sebelum menggiling adonan, jangan lupa memberikan alas plastik di kedua sisi. Cetak bundar dengan gelas berdiameter kira-kira 5 cm. Kemudian ambil satu bagian, isi dengan selai dan bentuk bulat.

5. Lakukan langkah yang sama seperti pada nomor 5, kemudian tata semua adonan yang sudah diberi selai dan dibentuk bulat tadi di atas loyang yang beralas kertas roti/ kertas minyak. Kemudian masukkan juga ke dalam kulkas.

6. Ambil adonan yang belum dibentuk (adonan B) kemudian lakukan seperti yang terdapat pada nomor 5.

7. Jika seluruh adonan sudah dibentuk dan diberi selai, silakan masukkan semuanya ke dalam kulkas dan tunggu hingga 1/2 jam agar adonan terakhir yang anda buat tadi agak lama berada dalam kulkas.

8. Selanjutnya, panaskan oven dengan suhu 150 derajat celcius.

9. Keluarkan nastar dari kulkas dan panggang selama kurang lebih 20 menit. Jika oven yang anda gunakan mempunyai ukuran yang lumayan besar, anda dapat memanggang semua adonan nastar sekaligus. Tapi jika tidak, silakan anda panggang terlebih dahulu adonan nastar yang pertama, kemudian dilanjut dengan adonan nastar yang kedua.

10. Panggang selama kurang lebih 20 menit, kemudian keluarkan nastar dari oven dan jangan lupa olesi pemukaan nastar. Selanjutnya, masukkan kembali ke dalam oven dan tunggu selama 15 menit hingga warna permukaan nastar kuning kecoklatan.

11. Keluarkan dari oven, dinginkan, dan santap kue nastar buatan anda bersama keluarga tercinta.

12. Selamat mrncoba resep kue Nastar ya! Semoga berhasil. Lumayan lho! bisa menghemat pengeluaran Lebaran.

Apa Reaksi Kamu?