Begini Cara Mengecek Kartu BPJS Palsu Atau Tidak

Begini Cara Mengecek Kartu BPJS Palsu Atau Tidak

WinNetNews.com - Kartu BPJS palsu mulai tersebar ke kalangan masyarakat. Agar masyarakat tidak tertipu,coba lakukan bberpa hal tersebut untuk mengecek apakah kartu BPJS yang telah di miliki palsu atau tidak :

1. Cek kebenaran kartu melalui Call Center 24 jam BPJS 1500400 atau melihat di website resmi BPJS Kesehatan www.bpjs-kesehatan.go.id.

2. Bagi pengguna smartphone, dapat mengecek keaslian kartu BPJS dengan aplikasi kepesertaan BPJS yang bisa diunduh di Aplication Store untuk pengguna Android Google.

"Pengujian keaslian kepesertaan itu hanya bisa dilihat dengan mericek melalui sistem kami, tidak bisa dilihat secara kasat mata saja," kata Juru Bicara Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan Irfan Humaidi.

Selain itu, palsu tidaknya kartu BPJS yang dimiliki peserta tidak dilihat dari cetakan kartu itu. Karena setiap orang boleh mencetak kartu BPJS dalam ukuran kertas kecil, besar atau di mana saja. Bahkan bisa melalui ponsel.

Masyarakat juga dihimbau untuk mendaftar melalui jalur resmi BPJS. Ada cara pendaftaran secara online, mendaftar dengan langsung ke kantor cabang BPJS, atau mendaftar melalui bank-bank yang sudah bekerja sama dengan BPJS. Dan hindari pendaftaran lewat calo.