Begini Cara Mengetahui Kulitmu Perlu Ritual ‘Eksfoliasi’
Ilustrasi: The Ladies Room

Begini Cara Mengetahui Kulitmu Perlu Ritual ‘Eksfoliasi’

Minggu, 29 Des 2019 | 19:50 | Amalia Purnama Sari
Winnetnews.com - Tubuh manusia pada dasarnya diselimuti oleh 25 hingga 30 lapisan sel kulit mati yang berada di atas epidermis. Epidermis sendiri disebut sebagai lapisan pelindung yang beradi di bagian paling atas pada susunan jaringan kulit. Sel kulit mati yang masih berada di kulit kita dapat menyebabkan masalah rambut rontok, pori-pori tersumbat yang memicu jerawat, dan mendorong munculnya kalus. Untuk mengatasi hal ini, kamu harus memberikan perawatan ekstra dengan cara eksfoliasi agar kulit matimu bisa bersih secara menyeluruh.

Ada beberapa cara mudah agar kamu bisa tahu kapan waktunya kulitmu butuh eksfoliasi. Dilansir dari The List, salah satu petunjuk paling penting adalah ketika metode perawatan yang kamu lakukan seperti biasa sudah muali berhenti bekerja maksimal pada kulit. Penumpukan sel kulit dapat membuat segala jenis perawatan kulit tak mampu bekerja secara maksimal.

image0
Ilustrasi: Botanik Botique

Cobalan untuk memeriksa kondisi kulit menggunakan cara-cara yang mudah. Pastikan kulitmu tidak terlihat kusam dengan menggosok kulit secara lembut untuk melihat apakah rasanya kering. Metode lain yang bisa kamu coba adalah dengan menggosokan selotip di atas permukaan kulit dengan lembut selama beberapa detik sebelum kamu mengelupas stripnya. Jika selotip yang kamu kelupas menimbulkan bercak kering, itu tandanya kamu perlu melakukan eksfoilasi.

Namun kamu perlu ingat bahwa eksfoilasi tidak bisa dilakukan secara terus-menerus. Kamu perlu jadwal teratur dan terencana untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Pengelupasan kulit secara berlebihan akan memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan kulit. Ada baiknya kamu melakukan pengamatan secara cermat sebelum memulai ritual eksfoilasi kulit.

Jika kamu mendapati kulitmu jadi merah-merah atau iritasi setelah eksfoilasi, coba untuk berhenti sementara. Bagaimanapun, lapisan kulit epidermis tetap menjalankan fungsi penting, yakni sebagai lapisan pelindung kulit.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...