Begini Cara Menjaga Mata Kamu yang Keseringan Melihat Handphone

Begini Cara Menjaga Mata Kamu yang Keseringan Melihat Handphone Sumber foto : Istimewa

Winnetnews.com - Ponsel dan alat elektronik lainnya telah menjadi gaya hidup seseorang era kini, dengan adanya berbagai aktivitas yang sangat bergantung kepada benda-benda tersebut. Mata menjadi anggota tubuh yang paling banyak berperan dalam menyikapi kemodernan tersebut.

Ya, benar mata. Apakah ada tips agar mata tetap sehat meski terus berinteraksi dengan ponsel atau gadget lainnya?

Jawabannya ada. Berikut tips tersebut,

1. Mengatur pencahayaan dan layar ponsel

Dengan mengatur pencahayaan yang baik pada layar ponsel, maka kita bisa menjaga kesehatan mata. Jangan mengatur tingkat kecerahan layar dengan berlebihan karena bisa memicu tekanan berlebihan pada mata saat menatap ponsel.

Posisikan layar ponsel agar tidak memantulkan cahaya sehingga kita bisa tetap melihatnya meskipun tingkat kecerahannya rendah. Selain itu, pastikan untuk memakai penerangan yang cukup di dalam ruangan saat menggunakan ponsel di malam hari dan tidak menggunakannya di ruangan yang gelap.

2. Mengatur waktu istirahat

Pakar kesehatan menyarankan metode 20-20-20 saat menggunakan ponsel, yakni mengistirahatkan mata dari layar ponsel atau gadget lainnya selama 20 detik setelah memakainya selama 20 menit. Kita bisa mengalihkan pandangan dari layar ponsel dan menatap benda yang berjarak 20 kaki atau lebih dari 6 meter dari posisi kita.

Cara lain yang bisa kita lakukan untuk mengistirahatkan mata adalah dengan kerap berkedip agar mata tetap lembab dan tidak mudah kering.

3. Memperbesar ukuran teks

Tak usah malu dianggap seperti orang tua karena memperbesar ukuran teks layar ponsel. Kita melakukannya agar lebih mudah membaca berbagai pesan dan membuat beban mata dalam membaca tulisan pada layar ponsel berkurang. Hal ini bisa mencegah masalah penurunan penglihatan.

4. Menyesuaikan sudut layar

Posisikan layar sejauh 4-6 inchi dari mata kita agar paparan layar ponsel ini tidak terlalu menyilaukan bagi mata kita.

Dengan menerapkan tips penggunaan ponsel tersebut, mata kita pun akan terjaga kesehatannya. Hanya saja, akan jauh lebih baik jika kita tidak menggunakannya dengan berlebihan.