Begini Cara Menyimpan Cabai dan Sayuran di Kulkas

Begini Cara Menyimpan Cabai dan Sayuran di KulkasSumber foto : Istimewa

winnetnews.com Sayur-sayuran dan cabai, adalah dua dari sederet bahan makanan yang biasanya selalu terdapat di dapur rumah masyarakat Indonesia.

Nah agar segala sayur-mayur dan cabai yang sudah dibeli tidak terbuang dengan percuma hanya karena terlanjur busuk karena cara penyimpanan yang tidak tepat. Maka dari itu, mengetahui dan melakukan metode penyimpanan yang tepat di kulkas.

Bagaimana sih memang cara menyimpan cabai dan sayur-sayuran yang tepat di kulkas, agar tetap awet tahan lama dan tetap segar? Mari baca penjelasannya di bawah ini.

A) Cabai

Untuk menyimpan cabai di kulkas, pertama-tama yang harus diingat ialah cabai yang baru dibeli dari pasar atau supermarket tersebut tidak perlu dicuci. Kemudian, untuk penyimpanannya, letakkan cabai-cabai di atas loyang atau wadah dengan berjarak satu sama lain sehingga antara cabai satu dengan cabai lainnya tidak saling bersentuhan, cabut tangkai atau bisa juga buang biji-bijinya (bisa juga tidak) lalu kemudian bungkus dengan paper towel baru kemudian masukkan ke dalam kantung atau wadah bertutup kencang, baru kemudian dimasukkan ke dalam lemari pendingin. Dengan cara ini, cabai bisa awet hingga tiga pekan.

Sedangkan untuk cabai kering, untuk penyimpanannya harus disimpan di dalam wadah kontainer yang tertutup rapat. Baru kemudian bisa dimasukkan ke dalam lemari pendingin, jika berniat untuk disimpan selama lebih dari empat bulan lamanya.

B) Sayur-sayuran

Menyimpan sayur-mayur agar tetap awet dan segar di lemari pendingin, yang pertama harus dilakukan ialah menyortir. Pisahkan berbagai jenis sayur-mayur yang dibeli sesuai jenisnya sebelum dimasukkan ke dalam kulkas, mengapa jangan dikemas menjadi satu? Karena pada dasarnya setiap jenis memiliki kandungan zat atau gas yang berbeda-beda. Disebutkan untuk jangan pula sekali-kali menyimpan sayur bersamaan dengan buah-buahan dalam satu wadah bersama, apalagi buah-buahan yang mengeluarkan etilen tingkat tinggi (agen membuat matang) yang mana dapat membuat matang sebelum waktunya dan merusak sayuran di sekitarnya.

Cara selanjutnya ialah lepaskan ikatan dan karet yang melekat pada sayuran, lalu potong bagian ujung yang lebat, sisakan sekitar satu inci untuk menjaga agar sayuran tidak mengering. Baru kemudian, masukkan sayuran ke dalam kemasan yang memiliki beberapa lubang yang ditusuk agar ada aliran udara yang baik. Perlu diingat, dalam menyimpan sayuran di kulkas, letakkan sayur-mayur ini berjauhan. Sebab, semakin dekat jaraknya maka semakin cepat pula sayuran akan busuk.

Catatan berikutnya ialah, dalam menyimpan sayuran ini alih-alih mencuci sayuran sebelum dimasukkan ke dalam kulkas, disebutkan sebaiknya sayur tidak dicuci agar air tidak terserap. Kecuali sayuran berdaun hijau, yang masih boleh dicuci sebelum disimpan di dalam kulkas, dengan cara direndam dalam wadah berisi penuh air. Sedangkan rempah-rempah dan jamur, tidak boleh dicuci sebelum sesaat hendak digunakan untuk diolah.