Skip to main content

Begini Cara Pegadaian Bedakan Emas Asli dan Palsu

Begini Cara Pegadaian Bedakan Emas Asli dan Palsu
Begini Cara Pegadaian Bedakan Emas Asli dan Palsu

Jakarta -Gadai emas semakin marak di bulan puasa dan jelang Lebaran.

Salah satu barang yang marak digadai adalah emas. Ukuran, bentuk, dan berat emas yang digadai berbeda-beda. PT Pegadaian (Persero) punya cara untuk mengantisipasi emas palsu.

image0

"Kita uji pakai senyawa kimia HCL dan HNO3. Kemudian bisa juga mengukur keaslian emas pakai berat air (direndam). jika belum yakin asli atau palsu. di bor," kata Pengelola 24 Galeri Pegadaian, Pasar Senen, Sukma Pebriana di Kantor Pegadaian Pasar Senen, Jakarta Pusat, Kamis (9/7/2015).

Menurutnya, saat ini sudah mulai banyak konsumen yang menebus emasnya di Pegadaian. Emas tersebut rata-rata berbentuk perhiasan, bukan emas batangan atau koin.

"Sekitar 90% didominasi oleh gadai emas," sebutnya.

Emas memang barang yang paling dominan sebagai produk gadai. Untuk memperoleh dana dari Pegadaian, masyarakat bisa membawa emas dengan kadar antara 8 karat sampai 24 karat.

Proses gadai, pengujian emas hingga memperoleh uang hanya berlangsung 10 menit sampai 15 menit sejak mendaftar di loket.

"Nilai taksiran emas 98% dari harga pasar. Uang pinjaman yang diberikan yakni 92% dari nilai taksiran. Harga dasar emas berubah setiap hari," ujarnya.

(yd)

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top