Begini Cara Pegadaian Bedakan Emas Asli dan Palsu

Yudha Raditya
Jumat, 10 Juli 2015 11:00 WIB
Oleh Yudha Raditya pada Jumat, 10 Juli 2015 11:00 WIB
Image Begini Cara Pegadaian Bedakan Emas Asli dan Palsu

Jakarta -Gadai emas semakin marak di bulan puasa dan jelang Lebaran.

Salah satu barang yang marak digadai adalah emas. Ukuran, bentuk, dan berat emas yang digadai berbeda-beda. PT Pegadaian (Persero) punya cara untuk mengantisipasi emas palsu.

image0

"Kita uji pakai senyawa kimia HCL dan HNO3. Kemudian bisa juga mengukur keaslian emas pakai berat air (direndam). jika belum yakin asli atau palsu. di bor," kata Pengelola 24 Galeri Pegadaian, Pasar Senen, Sukma Pebriana di Kantor Pegadaian Pasar Senen, Jakarta Pusat, Kamis (9/7/2015).

Menurutnya, saat ini sudah mulai banyak konsumen yang menebus emasnya di Pegadaian. Emas tersebut rata-rata berbentuk perhiasan, bukan emas batangan atau koin.

"Sekitar 90% didominasi oleh gadai emas," sebutnya.

Emas memang barang yang paling dominan sebagai produk gadai. Untuk memperoleh dana dari Pegadaian, masyarakat bisa membawa emas dengan kadar antara 8 karat sampai 24 karat.

Proses gadai, pengujian emas hingga memperoleh uang hanya berlangsung 10 menit sampai 15 menit sejak mendaftar di loket.

"Nilai taksiran emas 98% dari harga pasar. Uang pinjaman yang diberikan yakni 92% dari nilai taksiran. Harga dasar emas berubah setiap hari," ujarnya.

(yd)

7 Cara Usir Migrain Saat Bekerja
Usai Diperiksa KPK, Inneke Pulang dengan Wajah Pucat

Reaksi Kamu

Tanggapan Pembaca

    Belum ada Tanggapan

    Jadilah yang pertama memberikan tanggapan

Sekilas Tentang WinNetNews

Situs WinNetNews.com merupakan portal berita dan informasi teraktual perihal berbagai peristiwa di nusantara maupun mancanegara. Kelengkapan, keakurasian serta aktualitas berita dan informasi WinNetNews.com telah membuat tingkat baca artikel-artikelnya naik secara signifikan walaupun usia WinNetNews.com sebagai portal berita baru seumur jagung.