(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Inilah Efek Kalau Pakai Rokok Elektronik Alias Vape

Fellyanda Suci Agiesta
Fellyanda Suci Agiesta

Inilah Efek Kalau Pakai Rokok Elektronik Alias Vape Foto: ecigarettedirect

WinNetNews.com - Banyak sekali anak muda jaman sekarang yang menggunakan rokok elektronik atau vape dengan aroma yang berbeda. Meskipun rokok elektronik ini menggantikan rokok biasa, tapi efeknya menyerang titik pusat yang sama, jantung.

Sebuah studi menemukan bahwa perangkat vape mengandung stimulan yang dapat menyebabkan stiffening arteri, serta peningkatan denyut jantung dan tekanan darah.

Para ilmuwan di Stockholm, Swedia, merekrut 15 sukarelawan sehat untuk ambil bagian dalam percobaan tersebut, yang sebelumnya tidak pernah menggunakan e-cigarette alias vape.

Tes yang ditemukan di 30 menit setelah merokok vape yang mengandung nikotin, terjadi peningkatan tekanan darah, detak jantung dan kekakuan arterial yang signifikan.

"Jumlah pengguna rokok elektronik telah meningkat secara dramatis dalam beberapa tahun terakhir. Rokok elektronik dianggap tidak berbahaya oleh masyarakat umum." kata Dr. Magnus Lundback, dari Rumah Sakit Universitas Danderyd, Institut Karolinska, seperti dikutip dari Metro.

Industri rokok elektronik memasarkan produk mereka sebagai cara untuk mengurangi kerugian dan membantu orang berhenti merokok tembakau. Namun, keamanan rokok ini diperdebatkan, dan semakin banyak bukti menunjukkan beberapa efek kesehatan yang merugikan.

"Dalam penelitian ini kami menemukan ada peningkatan denyut jantung dan tekanan darah yang signifikan pada relawan yang terpapar rokok elektronik yang mengandung nikotin. Kekakuan arterial meningkat sekitar tiga kali lipat pada mereka yang terpapar nikotin yang terkandung dalam rokok elektronik dibandingkan dengan kelompok bebas nikotin." tambahnya.

Masih ingin memakai rokok elektronik?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});