Begini Jadinya Kalau Danau Tanpa Air. Tak Ada Kehidupan
Foto: Buzzfeed

Begini Jadinya Kalau Danau Tanpa Air. Tak Ada Kehidupan

Senin, 24 Apr 2017 | 14:46 | Fellyanda Suci Agiesta

WinNetNews.com - Misha Vallejo, seorang fotografer dokumenter yang berbasis di Ekuador, menjelajahi daerah sekitar Danau Poopó di Bolivia saat air mulai menghilang pada tahun 2016.

Danau tersebut, yang merupakan terbesar kedua di Bolivia dan terletak di Pegunungan Altiplano, telah menyusut di masa lalu, namun tidak pernah ada sampai batas yang sama.

Pemerintah Bolivia menyalahkan El Niño dan perubahan iklim, sementara yang lain mengatakan bahwa kesalahan pengelolaan air mungkin juga memainkan peran.

Laporan resmi menyatakan bahwa danau tersebut telah pulih dan pada bulan Januari 2017. Danau ini memiliki 70% permukaannya yang hampir 2.000 kilometer persegi yang ditutupi air.

Namun pada bulan Februari, Presiden Bolivia Evo Morales memastikan bahwa danau tersebut telah berkurang menjadi kurang dari 30% dan mengering kembali dengan cepat. Hal ini juga dikonfirmasi oleh citra satelit.

Danau Poopó benar-benar datar dan fakta bahwa danau itu terlihat dengan air tidak berarti ada cukup banyak untuk kehidupan. Ikan membutuhkan danau setinggi 50 sentimeter lebih dalam untuk hidup, dan ini benar-benar sulit untuk seperti danau datar yang besar.

Laporan resmi ini juga tidak menyebutkan kualitas air. Industri pertambangan benar-benar kuat di Bolivia dan pertambangan di dekatnya digunakan untuk menjatuhkan limbah beracun mereka ke danau, mencemari air.

Di beberapa bagian bekas danau kamu bisa melihat perubahan warna tanah dan baunya seperti telur busuk. Jadi jika ada harapan untuk danau, seharusnya menjadi tanggung jawab pemerintah untuk mengatur perusahaan pertambangan dan mencari tahu sistem pembuangan limbah yang aman. Jika tidak, air bisa lebih berbahaya daripada barang.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...