Kisah Asli Perseteruan Panas Antara Nirvana dan Guns n Roses

Oky
Oky

Kisah Asli Perseteruan Panas Antara Nirvana dan Guns n Roses

Winnetnews.com - Perseteruan dua band besar Nirvana dan Guns N' Roses memang sempat menjadi buah bibir di era 90-an. Kebesaran dua band tersebut mungkin jadi alasan kenapa isu ini masih saja menarik untuk dibicarakan.

Bukan tanpa sebab isu ini kembali mengemuka. Ini lantaran Axl Rose, yang mengalami cidera patah kaki pada pertunjukannnya beberapa minggu lalu, harus menggunakan kursi menyerupai singgasana milik Dave Grohl pada konser reuni Guns N' Roses di Las Vegas, Sabtu (9/4).

Seperti diketahui, Dave Grohl sempat mengalami patah kaki juga pada pertunjukannya di Swedia bulan Juli tahun lalu. Meski sempat membatalkan beberapa konsernya, Dave Grohl kembali manggung bersama Foo Fighter dengan bantuan kursi yang didesain menyerupai singgasana.

Dalam akun Twitter miliknya, Axl Rose mengucapkan terima kasih kepada Dave Grohl atas pinjaman kursi singgasananya. "HUGE THANK YOU to Dave Grohl for the use of his rock Throne! An amazing gesture!Words rn't enough!! Makes all the difference up there," tulis Axl.

Berikut ini adalah kronologis perseteruan Nirvana dan Guns N' Roses seperti dikutip dari Rollingstone.com dengan tambahan data dan informasi dari sumber lainnya.

  1. 1991-1992

    Awalnya, Axl Rose disebutkan sebagai salah satu fans Nirvana. Bahkan, Axl sempat menggunakan topi dengan logo Nirvana pada video clip "Don't Cry'. Secara jelas, topi yang dikenakannya tampak pada mini dokumenter berjudul "Guns N’ Roses Don’t Cry: Makin’ F@*!ing Videos“. Namun demikian, Kurt justru seringkali membuat pernyataan yang berusaha menciptakan garis tegas yang membedakan antara Nirvana dan Guns N' Roses.
     
  2. 1992

    Hubungan kedua band kian memanas ketika Kurt menolak ajakan tur bareng Guns N' Roses. Meski Kurt telah membuat pernyataan tidak menyenangkan, Axl berusaha mengajak Nirvana dalam tur Guns N' Roses dengan Metallica. Dave Grohl pernah mengatakan bagimana Kurt sangat kesal karena Axl terus menerus meneleponnya untuk ikut dalam tur mereka.
     
  3. 1992

    Terkait rumor kelahiran Frances Bean Cobain yang diduga cacat karena Courtney mengonsumsi obat-obatan terlarang, Axl membuat sebuah pernyataan yang mengasosiasikan istilah "Alternatif" dengan gaya hidup Kurt dan istrinya itu. Ia mengatakan bahwa "Alternatif" tak lebih dari sekedar orang seperti Kurt dan Nirvana yang pemadat dengan istri pemadat pula. Dan jika terjadi sesuatu pada bayinya, Axl mengatakan Kurt dan Coutney seharusnya masuk penjara.
     
  4. September 1992

    Perseteruan Nirvana dan GN'R mengalami puncaknya pada acara MTV Video Music Awards (VMAs). Courtney, yang saat itu bersama Kurt dan bayi Bean, beradu mulut cukup kasar di belakang panggung. Tak hanya itu, Krist Novoselic dan basist GN'R Duff McKagan pun sempat bersitegang.
     
  5. Desember 1992

    Masih terkait pernyataan kasar Axl kepada Courtney di VMAs, Kurt kembali menyerang vokalis GN'R itu melalui media LGBT, The Advocate.
     
  6. March 1994

    Dalam sebuah penerbangan, Kurt duduk bersebelahan dengan Duff. Mereka disebutkan berbicang sebagai teman dan saling berbagi soal rehabilitasi. Bahkan, Duff sempat ingin menawarkan mengantar Kurt ke rumahnya. Namun gagal, karena Kurt sudah keburu pergi sebelum ia menyampaikan penawarannya.
     
  7. 1994

    Ketika Kurt meninggal, salah satu telepon belasungkawa pertama kali yang diterima Dave Grohl adalah dari drumer GN'R Matt Sorum.
     
  8. Februari 2010

    Dalam tulisannya di Seattle Weekly, Duff secara terbuka meminta maaf kepada Krist atas kejadian di VMAs tahun 1992 silam.
     
  9. April 2010

    Dave Grohl dan Slash main bareng Lemmy Kilmister (Motorhead) dalam "Aces of Spades" di acara penghargaan Lifetime Achievement untuk Lemmy.
     
  10. April 2016

    Axl Rose yang tetap meneruskan konser reuni GN'R di Las Vegas harus menggunakan kursi singgasana milik Dave Grohl karena cidera tulang kaki yang dideritanya.

Begitulah kira-kira perjalanan hubungan kedua band versi Rollingstone.com. Namun, yang paling menarik dari ulasan Rollingstone.com tersebut adalah sub judul yang berbunyi "Team Axl and Team Kurt go head to head — and finally make peace

Apa Reaksi Kamu?