Begini Sejarah Terbentuknya Tik Tok

Cindy Cesilia
Cindy Cesilia

Begini Sejarah Terbentuknya Tik Tok Foto:Istimewa

WinNetNews.com-  Kementerian Komunkasi dan Informasi Indonesia sudah resmi memblokir aplikasi Tik Tok pada Selasa 3/7/2018. Seperti yang kita ketahui, dalam beberapa waktu ini, Tik Tok sedang menjadi perhatian banyak pihak.

Banyak aduan dari masyarakat karena aplikasi dari China itu memberikan dampak yang buruk terutama bagi anak-anak muda.  Terlepas dari itu semua, perjalanan Tik Tok cukup menarik. Tik Tok pertama kali  diperkenalkan pada 2016, aplikasi ini dengan cepat menarik banyak pengguna.

Tik Tok adalah aplikasi pengembang asal Tiongkok yang bernama ByteDance. Perusahaan ini didirikan oleh Zhang Yiming yang juga pendiri layanan Toutiao, aplikasi berita untuk pengguna di Tiongkok.

Sejak berdiri, Yiming mengatakan Tik Tok memang digunakan untuk generasi muda. Karenanya, ia mengaku tidak pernah membuat sendiri rekaman video dengan aplikasi tersebut.

"Sejak lama, saya hanya menonton video Tik Tok, tanpa membuatnya sendiri, karena aplikasi ini memang ditujukan untuk orang muda," kata Yiming. 

Selain itu, Yiming menjelaskan keputusan perusahaan mengembangkan aplikasi media sosial tidak lepas dari industri saat ini. Menurut sarjana software engineering itu perusahaan harus selalu mengikuti perubahan. 

Tik Tok berhasil mencatatkan diri sebagai aplikasi paling banyak diunduh di App Store. Dilansir Business Insider, aplikasi ini diprediksi sudah diunduh 45,8 juta kali di kuartal pertama 2018.

Sebagai pendiri Tik Tok, Yiming, dikenal sebagai salah satu orang terkaya di Tiongkok. Forbes melaporkan pada 2013, pria tersebut berhasil masuk dalam daftar 30 orang terkaya dengan umur di bawah 30 tahun.

Apa Reaksi Kamu?