Begini Tanggapan Eggi Sudjana Soal Kritikan Said Aqil Mengenai Aksi 212
Sumber foto : Istimewa

Begini Tanggapan Eggi Sudjana Soal Kritikan Said Aqil Mengenai Aksi 212

Rabu, 11 Apr 2018 | 15:42 | Oky

Winnetnews.com - Menurut KH Said Aqil, aksi 212 merupakan aksi yang memiliki kepentingan politik. Sebagai Ketua PBNU, ia enggan memihak kepentingan-kepentingan politik mana pun.

KH Said mengatakan, peserta aksi 212 menjadikan Masjid Istiqlall untuk tempat tidur.

“Mereka ngompol, ngemper, ngeces di Masjid Istiqlal, pas wayahe salat meninggalkan masjid ke Monas,” ujarnya.

KH Said Aqil Siradj diketahui menyinggung soal Aksi 212 mulai dari persoalan salat Jumat, gerakan politik hingga pembiayaan gerakan 212. Dewan Penasihat Persaudaraan Alumni (PA) 212 Eggi Sudjana menanggapi kembali pernyataan Said Aqil.

Terkait dengan salat Jumat di Aksi 212, Eggi menilai hal itu sah-sah saja.

Menurutnya, salat Jumat bisa saja dilakukan selama tempat yang digunakan bersih dan suci.

“Soal shalat, saya memang tidak ahli fiqih, jadi saya tidak mau menanggapi itu, karena bukan keahlian saya. Tapi pengetahuan kecil saya, yang namanya masjid itu namanya tempat sujud, nah seluruh bumi Allah itu bisa tempat sujud, kecuali di tempat yang diharamkan, sepeti di WC. Jadi mau di lapangan atau di mana-mana, sah-sah saja,” tegas Eggi, Selasa (10/4/2018).

Eggi juga mengatakan, persoalan lapangan bisa dijadikan untuk tempat salat Jumat juga masih diperdebatkan.

“Jangan lupa bahwa ada paham Muhammadiyah dan lain-lain yang nggak sepaham dengan NU. Jadi jangan terjebak di situ,” tambahnya.

Terkait dengan Aksi 212 yang disebut Said Aqil sebagai gerakan politik, Eggi tidak membantahnya. Dia malah menegaskan bahwa Islam itu tidak bisa dilepaskan dari politik.

Sementara itu, terkait dengan pernyataan Said Aqil yang mengaku tahu siapa ‘donatur’ aksi 212, Eggi meminta agar hal itu diungkapkan saja ke publik. Biar tidak terjadi kesalahpahaman.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...