Begini Tips Masak Nasi Merah Supaya Tidak Keras

Oky
Oky

Begini Tips Masak Nasi Merah Supaya Tidak Keras Sumber foto : Istimewa

Winnetnews.com - Selain nasi putih, ada juga nasi merah. Nasi merah merupakan nasi yang kaya akan kandungan serat yang banyak manfaatnya, namun nasi merah kurang populer dibandingkan nasi putih. Padahal nasi merah mempunyai beberapa kelebihan daripada nasi putih. Misalnya selain kaya akan kandungan serat, nasi merah juga bisa membuat kita cepat kenyang. Sangat cocok untuk kamu yang sedang menjaga berat badan.

Beberapa alasan yang membuat orang-orang memilih nasi putih daripada nasi merah adalah karena nasi putih jelas lebih empuk daripada nasi merah. Biasanya nasi merah suka keras, padahal jika kamu memasak nasi merah dengan cara yang benar dijamin rasa keras dari nasi merah itu akan hilang. Tips dibawah ini bisa membuat nasi merah menjadi empuk.

1. Perhatikan takaran air saat kamu memasak nasi merah

Tips pertama adalah kamu harus memperhatikan takaran air saat memask nasi merah. Cara memasak nasi merah dengan nasi putih jelas sangat berbeda, di mana takaran air untuk memasak nasi merah jauh lebih banyak. Disaat kamu sudah membersihkan beras merah mulailah untuk memasaknya dengan perbandingan 1:3. Maksudanya adalah jika kamu memasak 1 gelas beras merah, kamu harus menambahkan air 3 gelas. 

2. Mencampurkan beras merah dengan beras putih bisa menjadi langkah yang tepat

Tidak hanya memperhatikan takaran air saja. Kamu juga bisa mencampurkan beras merah dengan beras putih yang akan kamu masak agar tidak terasa keras saat dimakan. Hal yang perlu kamu perhatikan adalah jika beras merah lebih banyak daripada beras putih maka takaran air juga harus lebih banyak dan sebaliknya jika beras putih lebih banyak takaran air sedang-sedang saja. 

3. Jangan simpan terlalu lama, makanlah selagi nasi masih hangat

Salah satu sifat dari nasi merah adalah akan cepat keras jika dibiarkan dalam suhu ruangan. Makanya jika tidak ingin itu terjadi makanlah nasi merah selagi masih hangat. Jika kamu akan menyimpannya lebih baik kamu simpan nasi merah di rice cooker, supaya tetap hangat dan tidak keras

Itu dia 3 tips yang bisa membuat nasi merah tidak keras lagi saat dimakan. Mulai dari sekarang jangan pernah ragu lagi untuk mengkonsumsi nasi merah. Karena banyak manfaat yang bisa kita dapatkan jika kita megkonsumsi nasi merah.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});