(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Begini Tips Menggunakan Kartu Kredit Agar Tidak Kebobolan

Oky
Oky

Begini Tips Menggunakan Kartu Kredit Agar Tidak Kebobolan Sumber : Istimewa

WInnetnews.com - Sebagian besar orang akan terlihat sangat senang dan gembira pada saat menerima kartu kredit untuk pertama kalinya. Berbagai rencana untuk menggunakannya mulai menari-nari di kepala, namun tentu tidak jauh-jauh dari rencana belanja, makan di restoran, atau membeli sesuatu yang telah lama diidam-idamkan. Hal-hal seperti inilah yang muncul dalam pemikiran mereka dan membuat mereka senang luar biasa.

Mendapatkan kartu kredit untuk pertama kalinya seolah menjadi sebuah perjuangan yang melelahkan dan diakhiri dengan sebuah kesenangan atau bahkan perayaan bersama beberapa orang teman/rekan kantor biasanya. Lalu, kita lupa dengan sejumlah tagihan yang akan segera datang menyambangi kita di meja kerja, yang jumlahnya kadang-kadang tidak masuk akal.

Anda menyesal? Mungkin iya, namun kebanyakan orang tidak hanya akan berhenti di sana. Mereka melakukan kesenangan dan mulai memiliki sejumlah kebiasaan baru yang tentunya didukung oleh keberadaan si benda plastik tipis yang ajaib tersebut.

Ada banyak sekali orang yang mengalami kegagalan dalam menggunakan dan mengelola kartu kredit sejak pertama kali memilikinya. Hal ini tentu karena pengajuan kartu kredit yang dilakukan tidak dipertimbangkan sejak awal, ke mana dan bagaimana kartu kredit tersebut akan digunakan. Maka bisa dipastikan, orang-orang seperti ini akan mengalami kesulitan dalam mengurus kartu kredit tersebut, termasuk mengurus sejumlah tagihan yang timbul setelahnya.

Ketika seseorang mengalami kegagalan dalam mengelola kartu kredit pertamanya, maka kemungkinan terbesar adalah dia akan kembali mengajukan kartu kredit berikutnya dan kembali mengulang kegagalan yang telah dialaminya. Hal seperti ini mungkin terdengar konyol, namun inilah yang banyak dialami oleh orang-orang yang pada akhirnya terlilit dalam utang kartu kredit. Bukan hanya satu kartu atau dua kartu kredit saja, namun beberapa kartu kredit sekaligus. Pada akhirnya mereka justru sulit dan tidak bisa keluar dari permasalahan yang mereka hadapi.

Sejak awal kita harus menyadari dengan baik, bahwa semua transaksi yang kita lakukan dengan menggunakan kartu kredit adalah utang. Artinya, kita harus menggunakannya untuk berbagai keperluan yang sangat penting saja, atau hanya jika kita yakin memiliki sejumlah dana untuk membayar pada saat tagihannya datang. Jika pemikiran seperti ini kita miliki sejak awal, maka risiko terlilit utang kartu kredit akan menjadi lebih kecil, karena kita akan sangat berhati-hati dalam menggunakan kartu kredit yang kita miliki.

Tips Menggunakan Kartu Kredit bagi Pemula

Bagi Anda yang baru memiliki kartu kredit untuk pertama kalinya, akan sangat penting untuk memiliki komitmen yang kuat untuk menggunakan kartu tersebut dengan bijak. Lakukan beberapa tips di bawah ini untuk menggunakan kartu kredit Anda dengan tepat.

1. Pilih Kartu Kredit yang Tepat

Saat ini, ada puluhan jenis kartu kredit yang bisa dijadikan pilihan, di mana masing-masing kartu kredit tersebut akan memberikan manfaat dan juga kelebihan yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. Dengan begitu, Anda dengan mudah bisa memilih dan menggunakan salah satu kartu kredit yang memang sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya:

Jika Anda orang yang senang bepergian ke luar kota dan hobi traveling, maka ada baiknya Anda menggunakan kartu kredit yang akan memudahkan dan memberi Anda penawaran menarik untuk melakukan reservasi hotel, pembelian tiket pesawat, fasilitas ruang tunggu di bandara, dan berbagai penawaran lainnya yang bisa mendukung perjalanan Anda.

Bila Anda seseorang yang senang melakukan perawatan di salon kecantikan, maka sebaiknya Anda memilih kartu kredit yang memiliki banyak promo dan diskon menarik di salon/klinik kecantikan, dan pusat kebugaran.

Penggunaan jenis kartu kredit yang tepat akan membuat Anda memiliki kesempatan untuk bisa mendapatkan manfaat maksimal dari kartu kredit tersebut. Dengan begitu, Anda akan diuntungkan berbagai penawaran yang diberikan oleh kartu kredit yang Anda gunakan.

2. Tidak Perlu Banyak

Sebagai pengguna pemula di dalam layanan kartu kredit, maka ada baiknya Anda hanya menggunakan satu kartu kredit saja. Tetapi jika memang benar-benar dibutuhkan, maka sebaiknya jumlah kartu kredit yang Anda gunakan tidak lebih dari 2 kartu saja. Hindari menggunakan kartu kredit yang banyak, apalagi jika Anda tidak benar-benar membutuhkannya. Hal ini hanya akan membuat Anda pusing dengan sejumlah tagihan dan tanggal pembayaran yang berbeda-beda.

3. Jaga Data Kartu Kredit Anda

Kartu kredit selalu rentan terhadap berbagai tindakan kejahatan, terutama pembobolan yang bisa saja terjadi tanpa Anda ketahui. Untuk itu, akan sangat penting menjaga kerahasiaan data kartu kredit Anda dari orang lain, bahkan saudara atau teman Anda sendiri. Hal ini penting dilakukan, sebagai bentuk antisipasi terhadap berbagai tindak penyalahgunaan yang bisa saja merugikan Anda di masa yang akan datang.

4. Gunakan di Tempat yang Tepat

Agar bisa mendapatkan manfaat maksimal dari kartu kredit yang dimiliki, maka Anda harus menggunakannya di tempat dan pada saat yang tepat. Artinya, gunakan kartu kredit untuk berbagai hal yang Anda butuhkan, jangan lupa memanfaatkan berbagai penawaran serta diskon yang ditawarkan kartu kredit tersebut. Hal ini akan membantu Anda berhemat dengan praktis. Anda bisa mendapatkan informasi berbagai penawaran menarik dari kartu kredit Anda dengan melihat katalog yang biasanya akan dikirim bersamaan dengan tagihan bulanan Anda.

Namun, jangan sampai berbagai penawaran menarik tersebut justru membuat Anda melakukan berbagai transaksi yang sama sekali tidak dibutuhkan, yang artinya Anda melakukan pemborosan. Manfaatkan hanya penawaran menarik yang memang benar-benar Anda butuhkan dan sesuai dengan kemampuan keuangan Anda. Jangan memaksakan diri untuk melakukan sejumlah transaksi dengan pemikiran adanya penawaran khusus/diskon dengan menggunakan kartu kredit Anda jika transaksi tersebut berada di luar kemampuan keuangan Anda. Hal itu hanya akan membuat Anda memiliki sejumlah utang di hari yang akan datang.

5. Teliti Saat Bertransaksi

Berhati-hatilah saat akan melakukan transaksi pembelajaan secara online, karena hal ini sangat riskan atau mengandung risiko yang tinggi terhadap keamanan data serta dana yang terdapat di dalam kartu kredit Anda. Ada banyak kasus di mana orang mengalami kerugian yang besar setelah melakukan transaksi belanja online. Hal ini mungkin terjadi akibat adanya transaksi yang dilakukannya pada toko online yang tidak dapat dipercaya.

Jika Anda benar-benar membutuhkan sesuatu yang harus dibeli secara online, maka pastikan Anda melakukan transaksi pada toko online yang bisa dipercaya, artinya toko tersebut memiliki reputasi yang baik serta menjamin keamanan transaksi yang Anda lakukan di sana.

Hal ini juga berlaku pada saat Anda melakukan transaksi di toko yang memang didatangi secara langsung. Anda harus memastikan toko tersebut bisa dipercaya dan menjaga keamanan transaksi yang Anda lakukan. Selalu perhatikan dengan baik ketika penjaga kasir memegang kartu kredit Anda dan melakukan penggesekan pada mesin EDC. Jangan biarkan mereka menggesek kartu Anda dua kali, terutama jika dilakukan pada mesin EDC yang berbeda.

6. Hindari Tarik Tunai

Kartu kredit bukanlah seperti kartu debit yang selalu bisa Anda gunakan untuk mengambil sejumlah dana tunai pada saat Anda butuhkan di mesin ATM. Setiap transaksi penarikan tunai yang Anda lakukan dengan menggunakan kartu kredit, akan dikenakan biaya penarikan yang jumlahnya rata-rata sebesar 4% atau minimal Rp50 ribu. Untuk itu, Anda perlu mempertimbangkan kembali keinginan Anda untuk melakukan penarikan dana secara tunai dari kartu kredit Anda.

Bukan hanya biaya tarik tunai saja, sejumlah dana yang Anda tarik dari kartu kredit Anda juga akan segera dikenakan bunga harian oleh pihak bank penerbit. Transaksi ini berbeda dengan pembelanjaan. Dalam transaksi tarik tunai, bunga yang dikenakan akan segera dihitung mulai pada hari transaksi tersebut Anda lakukan.

Disiplin dan Berkomitmen

Meski Anda begitu senang ketika menerima kartu kredit pertama Anda, namun Anda harus selalu memiliki komitmen untuk menggunakannya dengan baik dan merawatnya agar tidak bermasalah di kemudian hari. Gunakan kartu kredit dengan bijak, artinya Anda membelanjakannya hanya untuk hal-hal yang penting saja. Hindari berutang, dan disiplinlah membayar tagihan agar tidak dikenai sejumlah denda serta berbagai macam biaya yang memberatkan keuangan Anda.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});