Begini Ucapan Selamat Kim Jong Un untuk Ilmuwan Nuklir dan Teknisi

Begini Ucapan Selamat Kim Jong Un untuk Ilmuwan Nuklir dan Teknisi Foto: AP

WinNetNews.com - Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menyelenggarakan sebuah perayaan besar untuk mengucapkan selamat kepada ilmuwan nuklir dan teknisi yang memimpin uji coba nuklir keenam dan terbesar negara itu sepekan yang lalu.

Korea Selatan sudah bersiap untuk peluncuran rudal jarak jauh lainnya pada waktunya untuk memperingati ulang tahun ke-69 pendiri Korea Utara pada hari Sabtu, namun tidak ada provokasi baru yang terlihat, sementara Korea Utara mengadakan banyak acara untuk menandai liburan tersebut.

Sepanjang pekan lalu, pejabat Korea Selatan telah memperingatkan Korea Utara dapat meluncurkan rudal balistik antar benua yang bertentangan dengan sanksi U.N. dan di tengah kebuntuan yang meningkat dengan Amerika Serikat.

Washington mengatakan kepada  Dewan Keamanan U.N. untuk mengadakan sebuah pertemuan untuk memberikan suara pada sebuah rancangan resolusi yang menetapkan sanksi tambahan terhadap Korea Utara atas program rudal dan nuklirnya.

Untuk memuji ilmuwan nuklir, pejabat tinggi militer dan partai lainnya yang berkontribusi dalam uji coba bom atom pada hari Minggu yang lalu, Kim melempar jamuan makan yang diakhiri dengan pertunjukan seni dan sesi foto dengan pemimpinnya sendiri.

KCNA tidak menentukan kapan jamuan makan diadakan, namun para analis mengatakan bahwa hal itu kemungkinan terjadi pada hari Sabtu (9/9).