Skip to main content

Beginilah Efek Samping Jika Terlalu Banyak Konsumsi Kafein

Foto: Medical daily
Foto: Medical daily

WinNetNews.com - Minum secangkir kopi saat pagi hari memang dapat meningkatkan energi dan produktivitas kerja. Setelah efek dari kopi telah dirasakan secara langsung, maka Anda akan merasa ketagihan dan ingin terus menerus meminum kopi. Dan pada akhirnya akan menjadi lebih berbahaya pada tubuh Anda.

Pada tingkat tertentu, kopi mungkin memiliki manfaat kesehatan. Berbagai penelitian menunjukkan, setelah minum kopi akan menurunkan risiko demensia pada wanita yang lebih tua, melindungi otak dari gangguan kognitif lainnya, membantu penurunan berat badan dan meredakan sakit kepala.

Dikutip dari Medical daily , Rabu (16/11),The Mayo Clinic menyarankan bahwa orang dewasa seharusnya tidak meminum kopi lebih dari empat cangkir kopi dalam sehari, atau setara dengan 10 kaleng soda atau dua minuman energi. Untuk dosis kafein, empat cangkir kopi sekitar 400 miligram kafein. Lebih dari itu "penggunaan kafein yang parah dapat menyebabkan efek samping yang tidak menyenangkan," katanya.

Selain itu, terlalu banyak minum kopi juga dapat menyebabkan kegelisahan, cepat marah, sakit perut, detak jantung cepat dan gugup. Efek lain dari terlalu banyak minum kopi termasuk insomnia dan otot tremor. National Institutes of Health juga mengatakan bahwa kafein juga bisa menyebabkan mata berkedut, dan ada beberapa efek lain ketika kita terlalu banyak minum kopi

Reaksi sangat bervariasi, tergantung pada pribadi masing masing: "Bagaimana Anda bereaksi terhadap kafein yang dapat ditentukan oleh seberapa banyak kafein yang Anda konsumsi untuk di minum," kata Mayo Clinic. "Orang yang tidak teratur minum kafein cenderung lebih sensitif terhadap efek negatifnya. Faktor-faktor lain mungkin termasuk massa tubuh, usia, penggunaan obat dan kondisi kesehatan seperti gangguan kecemasan".

Para peneliti juga menyarankan bahwa perempuan menangani kafein lebih baik daripada pria.

Bagian dari masalah untuk mengurangi asupan kafein adalah bahwa Anda mengkonsumsi kafein secara berlebihan tanpa menyadarinya. penghilang rasa sakit tertentu mengandung kafein, seperti halnya cokelat dan teh. "Kafein adalah obat yang paling banyak digunakan di dunia, dikonsumsi oleh sekitar 80 persen orang dewasa Amerika setiap hari," kata American Psychological Association.

Pendekatan paling aman adalah dengan memperhatikan tubuh Anda. Jika tubuh Anda menunjukkan tanda-tanda mengkonsumsi terlalu banyak kafein, lebih baik kontrol konsumsi. Tapi hati-hati jika Anda sudah menjadi ketergantungan pada stimulan. Mayo Clinic memperingatkan bahwa asupan secara tiba-tiba dapat menyebabkan gejala seperti sakit kepala, kelelahan dan cepat marah, jadi yang terbaik adalah melakukannya secara bertahap.

"Paling sering yang tidak menimbulkan masalah kesehatan. Tapi hati-hati dari situasi-situasi di mana Anda perlu untuk mengurangi kebiasaan kafein Anda." kata organisasi tersebut.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top