Skip to main content

BEI Luncurkan Produk Baru , Ragamkan Investasi Pasar Modal

BEI Luncurkan Produk Baru , Ragamkan Investasi Pasar Modal
BEI Luncurkan Produk Baru , Ragamkan Investasi Pasar Modal

Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menyatakan telah membentuk tim yang akan melahirkan sejumlah produk baru di pasar modal.

Menurut Kepala Divisi Riset BEI Poltak Hotradero, Kamis 10 September 2015, produk tersebut sebagai upaya dalam meningkatkan keragaman produk investasi pasar modal, yang merupakan bagian dari rencana jangka menengah BEI.

"Saat ini, sudah mulai terbentuk tim. Mengenai peraturan, mengikuti aturan terdahulu," kata Poltak di BEI, Jakarta.

Ia menjelaskan, peningkatan variasi produk investasi tidak terlepas dari keinginan BEI untuk dapat bersaing di lingkup regional maupun Asia.

"Di market lain sudah banyak produk investasi, seperti Hong Kong, Malaysia, dan Thailand. Cukup banyak yang cocok untuk investor ritel," tuturnya.

Poltak menilai, peningkatan keragaman produk pasar modal sebagai alternatif investasi bagi populasi yang besar diyakini akan mempercepat program market deepening di Indonesia.

Dia beranggapan, selama ini ketersediaan produk investasi di pasar modal Indonesia belum dapat menjamin adanya peningkatan jumlah investor secara signifikan. Karenanya, investasi publik masih lebih terorientasi pada penanaman modal di bangunan, tanah maupun logam mulia.

Beberapa produk investasi yang tersedia di pasar modal untuk menjadi pilihan investasi para pelaku pasar adalah saham, Real Estate Investment Trust (REIT), ETF (Exchange Traded Fund), dan obligasi.

Berdasarkan data tim riset BEI, hingga akhir April 2015, jumlah produk investasi adalah 512 saham, delapan ETF, satu REIT, 93 seri obligasi negara, dan 399 seri obligasi korporasi termasuk sukuk.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top