BEI Minta Freeport Jual Saham di Bursa

BEI Minta Freeport Jual Saham di Bursa

WinNetNews.com - Beberapa waktu yang lalu, direksi Bursa Efek Indonesia mendatangi kantor Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Direksi BEI bertemu jajaran pimpinan di Kementerian ESDM tersebut.

Kunjungannya itu dalam rangka mendiskusikan soal rencana divestasi saham PT Freeport Indonesia (PTFI).

"Kita ketemu jajaran dirjennya dan ngomong kalau aturannya (perusahaan tambang IPO), sudah ada kok, untuk riset aturannya ada. Saya sangat mengimbau," kata Direktur Utama BEI Tito Sulistio saat ditemui di Gedung BEI, Jakarta, Senin (26/10/2015).

Tito mengaku, pihaknya sangat berharap jika Freeport mau mencatatkan sahamnya di bursa saham Indonesia.

Sebagai informasi, program divestasi atau pelepasan saham oleh PT Freeport Indonesia akan dimulai pada 14 Oktober 2015. Secara bertahap, memang rencananya akan ada 20% saham Freeport yang dilepaskan.

Saham divestasi ini akan ditawarkan pertama kali kepada pemerintah pusat.

Setelah kesepakatan harga ditentukan, Kementerian ESDM akan menyerahkan hasilnya kepada Kementerian Keuangan. Ini akan ditawarkan apakah ke pemerintah pusat langsung, BUMN, atau BUMD. Bila tidak ada yang berminat maka akan diserahkan kepada swasta.

Sementara untuk divestasi melalui penawaran saham perdana di pasar modal atau Initial Public Offering (IPO), ternyata belum diatur dalam ketentuan divestasi Freeport.