Bekasi dan Bogor Sepakat Bangun Bendungan Untuk Antisipasi Banjir

Fellyanda Suci Agiesta
Fellyanda Suci Agiesta

Bekasi dan Bogor Sepakat Bangun Bendungan Untuk Antisipasi Banjir
WinNetNews.com - Pasca banjir yang melanda salah satu perumah warga di Bogor, Jawa Barat. Akhirnya Wali Kota Bekasi Rachmat Effendi dengan Bupati Bogor, Nurhayati sepakat untuk membangun sebuah tanggul untuk mengantisipasi jika banjir besar datang kembali. Kesepakatan tersebut terjadi setelah kedua pemerintah daerah tersebut melakukan pertemuan di Ruang Pendopo Bupati Bogor, Selasa, 14 Juni kemarin.

Kedua pemerintah daerah tersebut sepakat untuk membangun sebuah Tandon air dan sumur resapan diperbatasan Kabupaten Bogor dan Kota Bekasi disekitar kecamatan Jatiasih. Untuk membangun sumur resapan ini dibutuhkan dana sekitar Rp 15 miliar.

Selain itu Rahmat Effendi menjelaskan, Banjir yang terjadi di Perumahan Vila Nusa Indah kemarin karena buka tutup yang kurang maksimal oleh Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS). Agar banjir tidak menggenang, maka kewenangan buka tutup bendunga akan diambil alih.

Selain tandon air dan sumur resapan, Rahmat juga mengusulkan membangun bendungan di Sungai Cileungsi melalui BBWS Sungai Ciliwung – Cisadane. Bendungan ini difungsikan untuk mengatur debit air yang masuk ke Sungai Bekasi. Sehingga air tidak akan meluap ke pemukiman warga bantaran Sungai Bekasi.

 

Apa Reaksi Kamu?