Belanda Menang 3-1 atas Belarusia

Belanda Menang 3-1 atas Belarusia Foto: Istimewa

WinNetNews.com - Walau menang 3-1 atas Belarusia, timnas Belanda mempunyai nasib di ujung tanduk untuk lolos ke Piala Dunia 2018.

Dalam pertandingan di Borisov Arena, Barysaw, Minggu (8/10/2017) dinihari WIB, Belanda tampil dominan. Penguasaan bola mereka ada di angka 59 persen.

Ada 23 percobaan yang mereka lepaskan di sepanjang pertandingan. ESPN FC mencatat ada sembilan tembakan Belanda yang menemui sasaran.

Belanda unggul satu gol saat babak pertama. Davy Propper yang mencatatkan namanya pada menit ke-24. Dia mencetak gol itu dengan tendangan kaki kanan jarak dekat, meneruskan umpan dari Arjen Robben.

Di paruh kedua pertandingan, Belarusia menyamakan kedudukan pada menit ke-55. Gol itu tercatat atas nama Maksim Volodko. Dia membukukan namanya dengan tendangan dari dalam kotak penalti, meneruskan umpan Sergei Balanovich.

Belanda baru bisa kembali unggul pada menit ke-84. Gol itu tercipta atas nama Robben lewat titik putih. Sebelumnya, terjadi pelanggaran yang dilakukan oleh Nikolai Signevich saat berduel udara dengan Bas Dost di kotak 16 meter. Tangannya menyentuh bola.

Di masa injury time, Belanda mengunci kemenangan dengan tendangan bebas Memphis Depay. Bolanya masuk ke arah kanan bawah gawang Belarusia.

Dengan kemenangan ini, Belanda ada di posisi ketiga klasemen Grup A kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa. Mereka mengumpulkan 16 poin, berjarak tiga angka dari Swedia, yang ada di posisi kedua. Sementara itu, Belarusia ada di peringkat kelima dengan nilai lima poin.

Dengan hasil ini, langkah Belanda untuk merebut satu tiket playoff ke Piala Dunia kian berat. Mereka akan berhadapan dengan Swedia di pertandingan terakhir, dan diwajibkan menang besar.

Swedia unggul jauh selisih gol, mencetak 26 gol dan kebobolan tujuh gol. Selisih gol mereka +19. Sementara itu, selisih gol Belanda +7, hingga mereka harus menang dengan skor 7-0 atas Swedia untuk mengamankan satu tempat di babak playoff.