Skip to main content

Belanja Otak-otak Tenggiri Khas Makassar, Kamu Bisa Datang ke Sini!

Otak-otak tenggiri khas Makassar  foto istimewa
Otak-otak tenggiri khas Makassar foto istimewa

winnetnews.com - Selain terkenal dengan coto makassar dan sop konro sebagai makanan khas tradisional Makasar, ternyata Makassar juga punya olahan seafood yang rasanya mantap. Ya.. otak-otak tenggiri, merupakan panganan yang biasa dijadikan buah tangan sehabis berkunjung ke Makassar.

Selaras dengan namanya, otak-otak tenggiri terbuat dari olahan ikan tenggiri segar yang dicampur dengan tepung gandum dan sagu. Tak lupa pembuatan otak-otak tenggiri menggunakan bumbu rempah-rempah kemudian dibungkus dengan menggunakan daun pisang, untuk selanjutnya dikukus. Otak-otak ikan tenggiri mampu bertahan lama jika dilakukan penyimpanan dengan baik. Biasanya orang menyimpanya di dalam freezer agar lebih awet.

Sebelum dikonsumsi, biasanya otak-otak ikan tenggiri dipanaskan kembali dengan cara dibakar, namun ada juga sebagian yang menggorengnya. Masing-masing olahan otak-otak ikan tenggiri, baik itu dibakar dengan bara api kecil(dipanggang) ataupun digoreng memiliki rasa yang khas. Sebagian orang berpendapat kalau otak-otak ikan tenggiri yang dibungkus dengan daun pisang lebih lezat jika dipanaskan dengan cara dibakar.

Meskipun Makassar terkenal dengan oleh-oleh otak-otak ikan tenggirinya, tapi umumnya memberlakukan sistem pre-order kalau kamu ingin membeli otak-otak. Namun ada beberapa lokasi yang selalu menyediakan otak-otak tenggiri setiap harinya.

Pertama ada di Kedai otak-otak Ibu Elly. Letaknya di Jalan Kijang no 7D Makassar. Otak-otak Ibu Elly sudah ada sejak tahun 1995. Awalnya usaha ini dirintis dengan memasok otak-otak ke beberapa restoran seafood yang ada di Makasar.

otak-otak ibu elly

otak-otak ibu elly

Ada beberapa paket kemasan untuk dibawa pulang sebagai ole-ole khas Makassar, meskipun kita juga bisa membeli dengan harga satuan. Tersedia paket otak-otak khas Makassar isi 10, 20, 40 dan 50 biji. Harga paket tentu lebih murah jika dibandingkan membeli dalam harga satuan.

Untuk yang ingin mencicipi otak-otak sambil menunggu paket kemasannya siap dibawa pulang, disediakan kursi dan meja di depan toko. Selain itu, kamu juga bisa menikmati hidangan lain semisal gogos, es pisang ijo, es palubutung dan jajanan lainnya.

Selanjutnya ada otak-otak Ibu Sanny. Didirikan sejak tahun 1995 juga. Saat ini terdapat dua toko, toko pertama terletak di Jalan Singa No 9 Makassar dan cabangnya ada di Jalan Lasinrang No 47 Makassar. Hampir sama dengan otak-otak Ibu Elly, otak-otak Ibu Sanny juga menyediakan pilihan paket otak-otak mulai dari kemasan isi 10 hingga 60 biji.

otak-otak ibu sanny

otak-otak ibu sanny

Jangan khawatir tidak bisa menemukan dua toko tersebut. Karena umumnya supir taksi di sana sudah mengetahui lokasinya berada dimana. Kalau kamu bingung, tanya saja. Sebenarnya masih banyak oleh-oleh khas makasar lainnya yang dijual di toko-toko tersebut. Jadi kalau kamu ingin membeli oleh-oleh yang lain, kamu bisa sekalian berbelanja di sana.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top