Belgia Ciptakan Mesin Pengubah Urin Menjadi Air Minum

Belgia Ciptakan Mesin Pengubah Urin Menjadi Air Minum

WinNetNews.com - Apakah kamu pernah berpikir bisa meminum air urin? Sepertinya hal yang tabu tersebut siap menjadi kenyataan. Sebuah tim ilmuwan di universitas Belgia telah menciptakan sebuah mesin yang mengubah urine menjadi air minum dan pupuk menggunakan energi matahari. Teknik tersebut diterapkan di daerah pedesaan dan negara-negara berkembang.

Tidak hanya itu saja, ada pilihan lain untuk mengolah limbah, sebuah sistem diterapkan di Universitas Ghent menggunakan membran khusus, menggunakan hemat energi dan dapat diterapkan di daerah-daerah dari hemat listrik.

"Kami bisa menghasilkan pupuk dan air minum dari urin hanya menggunakan proses yang sederhana dan energi surya," kata peneliti Sebastiaan Derese, University of Ghent.

Caranya , urin dikumpulkan dalam tangki besar, dipanaskan dalam boiler bertenaga surya sebelum melewati membran dimana airnya dipulihkan dan nutrisi seperti kalium, nitrogen dan fosfor dipisahkan.

Di bawah slogan #peeforscience, tim baru-baru ini mengerahkan mesin pada acara festival 10 hari musik dan teater di pusat Ghent, mengembalikan 1.000 liter air dari urine.

Tujuannya adalah untuk memasang versi yang lebih besar dari mesin di tempat olahraga atau bandara, dan juga ke masyarakat pedesaan di negara berkembang. Di mana pupuk dan air minum masih minim pasokan, kata Derese.

Seperti halnya dengan proyek-proyek sebelumnya, tim peneliti terlibat didalamnya, air diperoleh dari festival kota yang akan digunakan untuk membuat salah satu yang paling didambakan di Belgia, seperti spesialisasi bir. 

"Kami menyebutnya dari selokan ke perusahaan bir." kata Derese.

 

Reuters