Belum Banyak yang Bisa Dilakukan Klopp Untuk Liverpool

Belum Banyak yang Bisa Dilakukan Klopp Untuk Liverpool

Senin, 18 Jan 2016 | 10:50 | Yudha Raditya
WinNetNews.com - Sudah 22 pertandingan dimainkan Liverpool di bawah kendali Juergen Klopp. Belum banyak perubahan yang telah dihasilkan manajer asal Jerman itu.

Dari 22 laga tersebut, rasio kemenangan "Si Merah" kurang dari setengahnya, tepatnya 45,45%. Rinciannya, mereka baru menang 10 kali, seri 7 kali, dan kalah lima kali.

Terakhir, dalam duel klasik mereka melawan Manchester United yang sejatinya juga belum impresif di musim ini, Jordan Henderson dkk. kalah 0-1 di Anfield.

Khusus di Premier League, Klopp sudah berada di bench Liverpool dalam 14 pertandingan. Hasilnya: 4 kali menang, 4 kali seri, 5 kali kalah. Saat ini timnya menghuni posisi kesembilan di klasemen sementara, atau hanya satu peringkat dari ketika Brendan Rogders hengkang.

Dari segi produkvitas gol pun Liverpool masih seret: hanya memasukkan 17. Bahkan, angka kebobolan mereka lebih banyak, yakni 18.

Klopp dari banyak kesempatan memang selalu menghindar dari ekspektasi tinggi. Dia bahkan sempat "tersinggung" sewaktu ditanya wartawan dalam jumpa pers pertamanya, apakah dia bisa membawa klub Merseyside ini menjadi juara liga.

Apakah tidak ada sama sekali perubahan yang sudah ditancapkan Klopp buat Liverpool? Kalau melihat hasil di atas, ya tidak. Hanya saja, menurut banyak kalangan, pola permainan Liverpool memang mulai beda.

Gegenpressing ramuan Klopp sudah mulai kelihatan, sampai-sampai para pemain kabarnya "ngos-ngosan" untuk mengadaptasi perubahan sistem tersebut. Konsekuensi dari pola ala "wamil (wajib militer)" itu, sejumlah pemain mudah cedera.

Meski secara hasil belum ada perubahan besar, tapi Klopp masih punya banyak waktu dan kesempatan. Liga masih menyisakan 16 pertandingan, mereka pun masih bertahan di kompetisi Liga Europa dan Piala Liga.

 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...