(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Benar Ngak Sih? Air Beras Efektif Bikin Rambut Lebih Cepat Panjang

Muchdi
Muchdi

Benar Ngak Sih? Air Beras Efektif Bikin Rambut Lebih Cepat Panjang ilustrasi air beras (healthandhealthyliving.com)

WinNetNews.com - Pernah dengar manfaat air beras untuk kulit dan rambut? Salah satunya adalah mencuci rambut dengan air beras diyakini membuat rambut lebih cepat panjang.

Tentu hal tersebut tidak datang begitu saja. Kebiasaan mencuci rambut dengan fermentasi air beras (disebut yu-su-ru) dilakukan wanita tradisional Jepang di era Heian. Beberapa beauty blogger pun menjajalnya.

Sayangnya, tak ada bukti ilmiah akan hal itu. Menurut dermatolog Dennis Gross, tidak ada studi yang membuktikan air beras bisa membantu memepercepat pertumbahan rambut.

Dikutip dari situs Liputan6 dari laman Refinery29, Minggu (12/1/2019), bila ditanya secara medis, tentu ada pemberian terapi topikal untuk membuat rambut cepat tumbuh seperti disampaikan Gross.

Tidak dilarang

Walau tak ada bukti ilmiah, dermatolog Neil Sadick tak melarang Anda keramas dengan air beras. Toh, tidak kerugiannya untuk rambut, selain aman juga menutrisi kulit kepala.

"Beras itu ada kandungan protein bisa memperkuat rambut dan mencegah ujung rambut bercabang," kata Sadick.

"Selain itu ada juga karbohidrat, mineral, vitamin yang membantu menjaga folikel rambut tetap sehat."

Sadick juga menyarankan untuk menambahkan komponen lain seperti minyak kelapa atau shea butter ke dalam air beras. Lalu, dioleskan ke kulit kepala dan rambut untuk menghasilkan helai rambut yang berkilau dan indah.

Jadi, bagi Anda yang tetap ingin keramas menggunakan air beras, silakan saja.

Apa Reaksi Kamu?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});