Benarkah Air Lemon Bisa Turunkan Berat Badan?

Rusmanto
Rusmanto

Benarkah Air Lemon Bisa Turunkan Berat Badan? ilustrasi

Winnetnews.com -  Air lemon sering diandalkan untuk menurunkan berat badan. Namun apa benar minum air lemon efektif memangkas lemak tubuh?

Menambahkan irisan buah ke dalam air putih jadi kebiasaan banyak orang. Selain menghilangkan bosan akan rasa tawar pada air putih, menambahkan irisan buah juga diyakini menambah nutrisi.

Lemon menjadi salah satu buah yang paling sering dicampurkan ke dalam air putih untuk dijadikan infused water. Para pakar berpendapat kandungan air lemon akan meningkatkan metabolisme, memiliki fungsi detoksifikasi, dan bantu menurunkan berat badan.

Pendapat lain dari para ilmuwan menyatakan lemon hanya memberikan tambahan rasa pada air. "Ini tidak akan membakar lemak begitu saja seperti yang dibayangkan," ujar Karen Ansel, R.D.N., penulis "Healing Superfood for Anti-Aging: Stay Younger, Live Longer" kepada MensHealth (16/4).

Lemon memang akan membantu menurunkan berat badan jika Anda menjadikannya pengganti minuman berkalori dan pemanis seperti menu coffe-late dengan tambahan krim kocok di kafe. Air sendiri memang dapat membantu memberikan rasa kenyang sehingga kalori yang masuk kedalam tubuh akan terbatas. "Meminum sekitar 475 mililiter air sebelum makan terbukti membantu mengurangi berat badan," tambah Ansel.

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Obesity menembukan bahwa orang dewasa berbadan gemuk yang meminum air sebelum makan menunjukkan penurunan berat badan sebanyak 1,3 kg selama 12 minggu dibanding orang yang tidak mengkonsumsi air sebelum makan. Hal ini terjadi karena keadaan perut yang terisi air membuat rasa kenyang datang lebih cepat. Namun, menambahkan irisan lemon pada air dengan jumlah konsumsi yang sama tidak akan menambah jumlah kalori yang terbakar.

Lemon memang memiliki nutrisi yang baik seperti vitamin C. Tetapi kandungan vitamin dalam irisan lemon yang direndam dalam air tidak berpengaruh terhadap asupan vitamin dalam tubuh. Selain itu, fungsi detoksifikasi yang diklaim dari air lemon juga sebenarnya tidak tepat karena detoksifikasi berasal dari organ hati manusia.

Meski begitu, minum air dengan irisan lemon di pagi hari baik untuk menambah kesegaran. Namun pastikan untuk meminum air putih tawar sebelum dan sesudah konsumsi air lemon karena lemon bersifat sangat asam dan erosif sehingga tidak baik bagi lapisan enamel gigi.

 

 

 


Artikel ini telah tayang di www.detik.com dengan judul "Apa Benar Minum Air Lemon Efektif Turunkan Berat Badan?"
 

Apa Reaksi Kamu?