Benarkah Alpukat Bisa Bantu Cegah Diabetes?
ilustrasi

Benarkah Alpukat Bisa Bantu Cegah Diabetes?

Kamis, 28 Nov 2019 | 13:43 | Rusmanto

Winnetnews.com - Salah satu penyakit yang cukup banyak menyerang masyarakat Indonesia adalah diabetes. Hal ini biasanya dipicu oleh gaya hidup yang tidak sehat yang sayangnya masih dilakukan oleh sebagian besar masyarakat. Beruntung, pakar kesehatan menyebut ada satu cara mudah dan efektif untuk mencegah diabetes. Cara tersebut adalah dengan makan alpukat.

Makan Alpukat Mencegah Diabetes

Situs thehealthsite mengungkap hasil dari sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Molecular Nutrition and Food Research Journal. Hasilnya adalah, rutin makan alpukat tak hanya akan memperbaiki kondisi kesehatan jantung dan pembuluh darah, melainkan juga bisa mencegah datangnya diabetes dengan efektif.

Dalam penelitian yang dipimpin oleh Profesor Paul Spagnuolo ini, disebutkan bahwa kandungan di dalam alpukat bisa memberikan manfaat bagi organ-organ penting tubuh seperti ginjal, hati, hingga otot. Hal ini juga bisa berimbas positif pada sensitivitas insulin yang bisa mempengaruhi kadar gula darah dengan signifikan.

Sebagai informasi, jika sampai tubuh mengalami kesulitan untuk memproduksi insulin, maka tubuh pun akan kesulitan mengubah gula darah menjadi energi. Hasilnya adalah, kadar gula darah akan semakin meningkat dan bisa menyebabkan datangnya diabetes.

Dalam penelitian ini, terbukti bahwa alpukat bisa membantu pankreas mengatasi masalah resistensi insulin pada tikus percobaan. Sebagai informasi, tikus-tikus ini dibiasakan untuk mengonsumsi makanan tinggi lemak selama delapan pekan demi membuat mereka mengalami obesitas sekaligus resisensi insulin. Tikus ini juga dibagi menjadi dua kelompok, yakni tikus yang diberi suplemen alpukat dan yang tidak.

Hasil dari penelitian ini adalah, tikus percobaan yang diberi suplemen alpukat cenderung memiliki sensitivitas insulin yang lebih baik. Tubuhnya mampu mengubah gula darah menjadi energi dengan lebih baik. Mereka juga mampu mengalami perbaikan fungsi ginjal, hati, serta otot dengan efektif.

Meskipun masih terbatas pada tikus percobaan dan masih membutuhkan penelitian lanjutan, para peneliti yakin jika dampaknya juga cenderung sama bagi manusia. Mereka pun menyarankan kita untuk mulai menerapkan pola makan yang sehat dan rutin mengonsumsi alpukat.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...