Benarkah Anak Lahir Caesar Berpotensi Obesitas?

Amalia Purnama Sari

Dipublikasikan 2 tahun yang lalu • Bacaan 1 Menit

Benarkah Anak Lahir Caesar Berpotensi Obesitas?
Ilustrasi: Baby

Winnetnews.com - Selama ini, banyak orang beranggapan jika bayi yang lahir secara caesar bisa lebih gemuk dari bayi yang lahir melalui persalinan normal.

Merangkum The Sun, sebuah penelitian mengungkapkan jika bayi yang lahir caesar tidak mungkin bisa lebih gemuk dari bayi yang lahir secara normal. Penelitian ini ditujukan untuk mematahkan mitos yang sudah berkembang di masyarakat tersebut.

Indeks Masa Tubuh (BMI) ibu hamil itulah yang bisa menentukan berat badan bayi setelah lahi. Para peneliti pun kemudian meneliti relasi antara BMI ibu hamil dengan berat badan bayi.

Para peneliti ini menganalisis metode kelahiran dengan BMI dari 97 ribu orang berusia 18 tahun yang sudah menjalani wajib militer. Sekitar 4,9 persen dari mereka yang melahirkan secara normal mengamai obesitas. Sedangkan sebanyak 5,5 persen anak yang dilahirkan via caesar juga akan mengalami obesitas.

Hasil lebih ekstrem ditemukan pada bayi yang dilahirkan secara operasi caesar darurat, yakni sebesar 5,6 persen. Namun tidak ada perbedaan statistic yang memperhitungkan faktor-faktor lain seperti usia, kebiasan merokok, dan BMI ibu saat hamil.

Dr. Daniel Berglind yang memimpin studi di Swedia mengatakan bahwa kondisi wanita saat hamil tidak menjadi satu-satunya faktor yang membuat anak menjadi obesitas. 

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...