Benarkah Asam Salisilat Bisa Hilangkan Kutil?

Rusmanto
Rusmanto

Benarkah Asam Salisilat Bisa Hilangkan Kutil? ilustrasi

Winnetnews.com -  Kutil terjadi ketika sel-sel kulit tumbuh lebih cepat akibat adanya infeksi virus. Meskipun tidak berbahaya dan sering kali hilang tanpa perawatan, kutil bisa saja mengganggu seseorang. Untuk menghilangkannya, asam salisilat adalah salah satu obat yang paling direkomendasikan. Bagaimana cara pakai asam salisilat untuk menghilangkan kutil?

Ampuhkah asam salisilat untuk mengobati kutil?

Asam salisilat atau salicylic acid adalah obat yang biasanya digunakan untuk menyembuhkan jerawat. Ketika dipakai pada kulit, asam salisilat akan membersihkan pori-pori yang menahan sel kulit mati.

Selain produk antijerawat, asam salisilat juga dapat ditemukan pada sampo dan gel untuk menghilangkan kutil. Akan tetapi, ampuhkah asam salisilat untuk menghilangkan benjolan pada kulit ini?

Melansir laman Harvard Health Publishing, asam salisilat bisa dijadikan pilihan utama untuk menghilangkan kutil.

Sebuah studi yang diterbitkan pada jurnal Paediatric and Children Health, juga menunjukkan bahwa asam salisilat efektif untuk menghilangkan kutil.

Asam salisilat membuat kulit mengelupas. Seiring waktu, kutil akan tersisih dan menghilang. Selain itu, asam yang mengenai kutil juga memicu respons sistem imun untuk melawan virus penyebab kutil lebih kuat.

Apa Reaksi Kamu?