Benarkah Barbecue Mengundang Kanker?

Benarkah Barbecue Mengundang Kanker?

 

Wingamers.com - Benarkah barbecue mengundang kanker? Sebuah kajian menemukan bahwa dua jenis senyawa penyebab kanker dapat terbentuk selama pemanggangan, yaitu hidrokarbon polisiklik aromatic (PAH) dan amina heterosiklik (HCA).

PAH terbentuk di dalam asap dan ditemukan di permukaan daging dan sulit dihilangkan, biasanya harus menggunakan pengerikan dan inilah yang sering kita lihat. Sedangkan HCA disebabkan oleh dimasaknya daging di bawah suhu tinggi dan HCA ditemukan di dalam daging. Selain itu, HCA juga dapat terbentuk akibat penggorengan atau oven, dan pemanggang.

Bagi kita penikmat makanan barbecue tak perlu khawatir, karena kita dapat menyiasati cara memasak untuk meminimalkan risiko kanker. Rebus dulu daging sebelum dipanggang untuk menghilangkan lemak. Lemak yang menetes karena dibakar akan berkurang. Bolak-balik makanan yang dipanggang dan jangan memanggang terlalu lama dan langsung di atas arang.

Jangan sampai asap tidak keluar dari pemanggang, panggang di udara terbuka dan hilangkan bagian yang hitam di permukaan daging sebelum dikonsumsi. Ada pula cara lain, yakni daging dipanggang dulu di oven lalu dibungkus aluminum foil. Lalu panggang beralaskan aluminum foil tersebut. Selamat makan!